Irfan ArdiansahTotok PujiantoANASTASYA MAHARANI2024-05-152024-05-152019-10-04https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/240310140038Media sosial digunakan dalam pemasaran suatu barang atau jasa oleh para pelaku usaha mulai dari usaha yang berskala kecil sampai besar karena dianggap lebih mudah dan mampu menjangkau berbagai macam segmentasi pasar. Zanana dan Oifyoo merupakan contoh usaha kecil dan menengah (UKM) yang sudah melakukan pemasaran produknya melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan dan pemahaman UKM terkait mengenai akun Instagram milik usahanya dan juga bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pemasaran produk melalui Instagram yang lebih efektif dan efisien antara akun milik Oifyoo dan Zanana. Penggunaan dan pemahaman tersebut bisa dilihat mulai dari segi konten, tampilan, pelayanan dan engagement yang berhasil diraih. Zanana mempunyai tim marketing untuk mengelola akun Instagram, sedangkan akun Instagram Oifyoo dikelola langsung oleh pemiliknya. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya tim marketing pada suatu UKM berpengaruh terhadap hasil dari pemasaran dengan menggunakan media sosial. Terdapat dua tahapan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu tahapan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner untuk data primer dan data dari laman Instagram Zanana dan Oifyoo untuk data sekunder. Teknik analisis pengujian data yang digunakan adalah uji t untuk perhitungan hasil kuesioner. Data hasil wawancara diolah melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zanana lebih unggul dalam penggunaan Instagram sebagai media pemasaran online dibandingkan dengan Oifyoo dimana skor akhir Zanana unggul pada semua variabel, yaitu: tampilan, konten dan pelayanan admin Instagram. Selain itu, perbedaan rata-rata statistik dari kedua sampel cukup signifikan berdasarkan tindependent two sample test, yaitu sebesar 7,695.social media marketingInstagramOifyooAnalisis Komparatif Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada UKM Oifyoo dan Zanana