Retasari DewiEncang SaepudinAZRINA YUNITA ASRIANTI2024-05-202024-05-202023-10-24https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210104190069Sebagai penulis skenario, penulis bertugas membuat naskah dengan tujuan membuat sebuah karya dan menulis laporan skripsi untuk menjelaskan teknik teaser copy dan teknik factual copy yang digunakan dalam naskah video iklan ini. Sampah plastik mudah ditemukan dimana-mana, bahkan banyak industri yang membutuhkan penggunaan plastik saat ini. Salah satunya adalah industri kedai kopi. Ditengah maraknya penggunaan plastik di kedai kopi, coffee shop Musat sudah berhasil mengurangi dan mengolah sampah plastiknya dengann kampanye bernama “Break Free From Plastic” atau “Save the Earth, Save the Price”. Bersama-sama, penulis dan tim mencari informasi lebih tentang pengolahan sampah plastik Musat hingga membuat penulis dan tim tertarik untuk membuat iklan tentang Musat dan kampanyenya. Proses produksi iklan dibagi menjadi tiga tahap produksi: pra produksi berupa pengumpulan data dan pembuatan skrip, produksi berupa deskripsi, dan pasca produksi berupa editing video. Hasilnya adalah iklan dengan 11 adegan. Iklan ini dibuat untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang Musat dan kampanyenya.Factual CopyMusatPlastikPenulisan Script oleh Scriptwriter pada Video Iklan Reducing Plastic Waste With Musat