Asep Agus Handaka SuryanaYuli AndrianiARKAN NAUFAL RASYIQ2024-05-292024-05-292023-11-28https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/230110190063Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan penjual serta tingkat kepuasan konsumen di Pasar Ikan Hias Jatinegara dan menganalisis variabel utama yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Pengambilan dan pengolahan data dilakukan pada bulan Agustus – September 2023 yang bertempat di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI) dan Deskriptif Marketing Mix. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 61,4% pada kategori tergolong puas. Variabel utama yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel kualitas produk pada atribut keindahan warna ikan hias, ketersediaan peralatan pemeliharaan ikan, kelengkapan produk, variasi jenis ikan hias, dan kinerja produk. Hasil penelitian bauran pemasaran yang diterapkan pada Pasar Ikan Hias Jatinegara dapat dilihat dari sudut pandang 7P, yaitu 1) Hasil bauran pemasaran dalam produk mencakup keragaman produk dan jenis pengemasan pengangkutan ikan hias, 2) Hasil bauran pemasaran dalam harga meliputi variasi harga dan penyebab variasi harga, 3) Hasil bauran pemasaran yang dilakukan mencakup lokasi penjualan yang berlahan sempit dan tidak tersedia lahan parkir, 4) Sarana fisik meliputi penataan produk dan informasi produk pada display, 5) Hasil bauran pemasaran dalam orang meliputi sikap penjual yang informatif, 6) Promosi mencakup media promosi, 7) Proses mencakup metode pembayaran dan pemberian kwitansi.Ikan HiasPasar Ikan Hias JatinegaraCustomer Satisfaction IndeksAnalisis Tingkat Kepuasan Konsumen dan Bauran Pemasaran Ikan Hias di Pasar Ikan Hias Jatinegara