Tine Silvana RachmawatiElnovani LusianaROSY AMELIA2024-05-152024-05-152022-06-29https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210210180002Penelitian ini membahas mengenai hubungan kualitas informasi pada aplikasi Eperpusdikbud terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna yang merupakan Sahabat Perpusdikbud Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kategori pelajar dan mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara kualitas informasi pada aplikasi Eperpusdikbud terhadap kebutuhan informasi sahabat perpusdikbud kategori pelajar dan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan uji korelasional Pearson Product Moment. Pengukuran kualitas informasi menggunakan teori John Burch dan Grudnitski yang meliputi keakuratan, ketepatan waktu, dan relevansi informasi. Sedangkan untuk pengukuran kebutuhan informasi pengguna menggunakan teori Katz, Gurevitch, dan Haas yang terdiri dari kebutuhan kognitif dan kebutuhan afektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Populasi penelitian berjumlah 482 orang yang tergabung dalam account channel telegram sahabat perpusdikbud dan diperoleh 86 sampel yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukan hubungan antara keakuratan informasi, ketepatan waktu informasi, dan relevansi informasi pada aplikasi Eperpusdikbud memiliki hubungan yang sedang atau moderat terhadap kebutuhan kognitif dan afektif pengguna. Terdapat pula hubungan yang rendah antara ketepatan waktu informasi dengan kebutuhan kognitif pengguna.Kualitas InformasiKebutuhan InformasiAplikasi EPerpusdikbudHUBUNGAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI EPERPUSDIKBUD TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI PENGGUNA