Achmad BachrudinYudhie AndriyanaROSALINDA NAINGGOLAN2024-05-302024-05-302018-01-15https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140720160034Rata-rata lama sekolah (RLS) merupakan salah satu indikator perhitungan pembentuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM). RLS dapat dikatakan sebagai ukuran output pendidikan pada suatu daerah. Ukuran pendidikan menjadi penting pada saat ini terlebih lagi karena adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tingginya pendidikan yang dicapai oleh seseorang meningkatkan harapan diterima pada suatu pekerjaan menjadi cukup besar. Oleh karenanya isu pendidikan menjadi topik dalam penelitian ini, khususnya data rata-rata lama sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan data rata-rata lama sekolah terhadap beberapa variabel prediktor yang diduga berpengaruh. Adapun permasalahan statistik yang terjadi adalah data tidak mengikuti asumsi normalitas dan prespesifikasi model melalui pola hubungan yang terbentuk sulit untuk ditentukan. Oleh karena itu diusulkan suatu yang metode yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga model yang diperoleh diyakini memberikan hasil yang lebih presisi. Metode yang diusulkan adalah Generalized Additive Model (GAM) P-Spline. Hasil penelitian menunjukkan Akaike’s Information Criterion (AIC) dan mean square error (MSE) pada metode GAM P-Spline lebih kecil dari AIC dan MSE Generalized Linear Model (GLM). Hal ini mengindikasikan GAM P-Spline memiliki peforma yang lebih baik daripada GLM untuk data tersebutRata-rata lama sekolahGeneralized Additive Models (GAM)Keluarga eksponensialPEMODELAN RATA-RATA LAMA SEKOLAH DI JAWA TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN GENERALIZED ADDITIVE MODELS (GAM) P-SPLINE