R. Anang MuftiadiMargo PurnomoKAMESWARA NATAKUSUMAH2024-06-042024-06-042023-04-02https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170230190050Penelitian ini berjudul pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, religiusitas, terhadap adopsi teknologi mobile payment melalui variabel kepercayaan organisasional pada usaha kecil pasar tradisional yang di kelola perumda pasar jaya DKI Jakarta. Penelitian menggali bagaimana hubungan teknologi dan kepercayaan agama. Karena agama adalah motivator mendasar pada tingkat individu dan kolektif yang mempengaruhi persepsi dan sikap individu terhadap teknologi. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengusulkan Religiusitas sebagai salah satu pembentuk Technology Acceptance Model (TAM). Tujuan dari penelitian ini adalah mengusulkan faktor lain dalam adopsi teknologi keuangan yaitu religiusitas yang diusulkan dan diuji sebagai bagian dari dimensi Technology Acceptance Model (TAM) pada konteks adopsi teknologi mobile payment, terutama dengan mempelajari dan mengeksplorasi peran religiusitas di dalam TAM, dan memberikan rekomendasi kebijakan kepada organisasi-organisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis structural equation model (SEM) dengan software SmartPls untuk mengolah dan menganalisis data penelitian. Periode penelitian disertasi ini adalah dalam kurun waktu antara bulan Juni 2020 dan Juni 2021, sehingga perkembangan teknologi mobile payment di lapangan berikut penelitian-penelitan oleh penulis lain setelah periode tersebut tidak tercakup dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Religiusitas terhadap kepercayaan Organisasi dan Adopsi Teknologi Mobile Payment. Terdapat pengaruh signifikan kepercayaan organisasi terhadap adopsi teknologi mobile payment. Sehingga penelitian ini melanjutkan bahwa religiusitas menjadi dapat menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam pembentuk secara langsung Technology Acceptance Model (TAM) atau tidak langsung dengan faktor kepercayaan organisasi.Model penerimaan teknologimobile paymentreligiusitasPENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN, RELIGIUSITAS, TERHADAP ADOPSI TEKNOLOGI MOBILE PAYMENT MELALUI VARIABEL KEPERCAYAAN ORGANISASIONAL PADA USAHA KECIL PASAR TRADISIONAL