Maria KomariahTidak ada Data DosenNURUL DARMAWULAN2024-05-172024-05-172022-03-30https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/220110180251Pendahuluan: Inovasi untuk mendukung proses pembelajaran pada mahasiswa keperawatan perlu menjadi perhatian. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi efektivitas e-modul terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan. Metode pre-experimental telah digunakan selama September hingga Oktober 2021. Kami merekrut 45 mahasiswa sarjana keperawatan tingkat 3 di Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan yang dirancang oleh peneliti dan motivasi belajar menggunakan kuesioner Students Motivation Towards Science Learning. Pemberian e-modul demam berdarah dilakukan selama tujuh hari. Kemudian, data dianalisis dengan wilcoxon signed rank test dan dependent paired t-test dengan level signifikansi p<0,05. Hasil: Didapat bahwa e-modul sebagai intervensi media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan (p=0,02) dan motivasi (p=0,002). Simpulan: E-modul sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi belajar dikalangan mahasiswa keperawatan. Hal ini dapat menjadi saran bagi universitas untuk mempertimbangkan e-modul dalam mendukung proses pembelajaran.e-modulkeperawatanmahasiswaEfektivitas E-modul DBD terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan