Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenYUNITA SYARAH2024-05-182024-05-182013-01-23https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/130104110529Praktik pembelajaran lapangan merupakan proses menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam membentuk dosen kebidanan professional yang menguasai kompetensi substansi kebidanan dan kependidikan secara komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan mata kuliah kependidikan terhadap pencapaian kompetensi praktik pembelajaran di Program Studi Diploma IV Kebidanan FK Unpad. Desain penelitian ini adalah penelitian analitik retrospektif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan data sekunder dari daftar nilai mata kuliah kependidikan dan nilai Praktik Pembelajaran. Dari penelitian ini, didapatkan hasil uji statistik yang menghubungkan nilai mata kuliah kependidikan dengan nilai praktik pembelajaran, yaitu pada mata kuliah proses pembelajaran adalah sangat baik (96,46%) P value 0,002 dan nilai r 0,346, nilai metodik khusus pembelajaran kebidanan adalah sangat baik (96,77%) P value 0,159 dan nilai r 0,160, nilai teknologi pendidikan dan media pembelajaran adalah sangat baik (93,44%) P value 0,271 dan nilai r -0,125, nilai administrasi pendidikan adalah baik (93,1%) P value 0,072 dan nilai r 0,527, nilai evaluasi hasil belajar dan remedial pembelajaran adalah baik (97,44%) P value 0,042 dan nilai r 0,230, nilai mata kuliah kependidikan adalah baik (90,7%) P value 0,062 dan nilai r 0,211. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara penguasaan mata kuliah kependidikan terhadap pencapaian kompetensi praktik pembelajaran.Adminitrasi PendidikanEvaluasi Hasil Belajar dan Remedial PembelajaranMata Kuliah KependidikanHUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN MATA KULIAH KEPENDIDIKAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN FK UNPAD