Kuswarini KusnoTidak ada Data DosenIRMA AMALIA SAMSUDIN2024-05-172024-05-172016-10-12https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/150610120121IRMA AMALIA SAMSUDIN. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Memilih Beras Di Pasar Tradisional, Kios Beras, Dan Supermarket. Di bawah bimbingan KUSWARINI KUSNO. Beras adalah komoditas pangan penting dan strategis di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang pesat berdampak pada peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah penduduk perkotaan. Hal ini menyebabkan gaya hidup perkotaan yang banyak menuntut produk berkualitas mempengaruhi pola permintaan pangan nasional. Adanya liberalisasi perdagangan menyebabkan kemampuan pengendalian pemerintah semakin kecil dalam pasar pangan. Restrukturisasi ritel juga menyebabkan peran Bulog saat ini sudah semakin lemah, yang digantikan dengan kekuatan-kekuatan pasar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) karakteristik konsumen beras, dan (2) kepuasan konsumen beras terhadap atribut produk. Penelitian dilakukan di 3 jenis ritel beras (Pasar Tradisional, Kios Beras, dan Supermarket) di Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung yang dipilih secara purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan jumlah responden 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik systematic random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif tabulasi silang (crosstab), model kuadran analisis Importance and Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik konsumen beras di 3 jenis ritel secara umum adalah wanita, berusia rata-rata 49 tahun. (2) Berdasarkan hasil perhitungan CSI, tingkat kepuasan konsumen beras di 3 jenis ritel di Kecamatan Bandung Kulon masuk kedalam kategori puas. Kata Kunci: Beras, atribut produk, kepuasan konsumen.BerasAtribut ProdukKepuasan KonsumenAnalisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Memilih Beras Di Pasar Tradisional, Kios Beras, Dan Supermarket