Mohammad Benny AlexandriR. Anang MuftiadiREGINA DITA P2024-07-162024-07-162010https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170610100091ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan anggaran padaPT. Pos indonesia (Persero) dan mengidentifikasi penyebab selisih pada anggaranbiaya administrasi PT. Pos Indonesia (Persero).Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dansekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan manajer anggaran dansub manajer anggaran. Data sekunder diperoleh dari pengumpulan data dokumenresmi yang dimiliki yang dimiliki PT. Pos Indonesia (Persero) terkait dengan datakeuangan berupa anggaran biaya administrasi dan realisasinya tahun 2009-2012 danlaporan tahunan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisisvarians.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa metode yang digunakanPT. Pos Indonesia (Persero) dalam proses penyusunan anggaran adalah metodebottom up dan top down. Persentase penilaian masing-masing tahapan dalam prosespenyusunan anggaran diatas 80%, tahap mengumpulkan data dan informasi memilikipresentase yang paling rendah dibandingkan dengan tahap lainnya. Faktor-faktoryang mempengaruhi selisih anggaran biaya administrasi adalah pengembangan bisnisyang dilakukan PT. Pos Indonesia (Persero), kebijakan pemerintah, perkembanganteknologi, dan tingkat persaingan. Saran bagi PT. Pos Indonesia (Persero) yaitumelaksanakan jadwal penyusunan anggaran secara tepat waktu, mengkomunikasikanperaturan penyusunan anggaran dengan jelas, dan meningkatkan koordinasi denganpemerintah.penyusunan anggaranrealisasi anggaranTidak ada keywordANALISIS ANGGARAN BIAYA ADMINISTRASI PADA KANTOR PUSAT PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG TAHUN 2009-2012