Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenGESSYE GUSTIANE2024-07-312024-07-312015-01-15https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180410080029ABSTRAK Judul skripsi ini adalah Citra Perempuan Dalam Iklan Camel Cigarette: Kajian Semiotika Roland Barthes. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah tanda verbal dan non verbal yang muncul dalam iklan cetak Camel Cigarette. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan makna denotasi, konotasi pada setiap tanda yang muncul dan juga citra perempuan apa sajakah yang muncul dalam iklan Camel Cigarette. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini menggunakan iklan media cetak Camel Cigarette. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan berfokus pada analisis semiotika. Teori yang digunakan untuk dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes (1967) sebagai teori utama, serta teori citra perempuan Tamagola (1998), dan teori tanda non verbal dari Givens (2002) sebagai teori pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan tampilan wanita yang pada beberapa jenis iklan Camels Cigarette terbentuk 4 citra perempuan sesuai dengan pendapat Tomagola (1998), yaitu: citra pigura, citra pergaulan, citra pilar dan citra peraduan.SemiotikaRoland BarthesCitra PerempuanCitra Perempuan Dalam Iklan Camel Cigarette: Kajian Semiotika Roland Barthes