Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenAFINA ARTIKASARI2024-07-172024-07-172014-04-15https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170610110195ABSTRAK Berdasarkan latar belakang penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi dari dimensi-dimensi marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial pada pemilihan umum walikota dan wakil walikota kota Bandung periode 2013-2018. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian teoritis mengenai marketing politik sebagai sebuah pendekatan baru dalam memenangkan pemilihan umum, baik pemilihan presiden, kepala daerah maupun legislatif. Konsep yang dipakai adalah marketing politik, yang terdiri bauran pemasaran yaitu : product (produk) yang terdiri dari kandidat, partai, dan gagasan. Promotion (promosi) yang terdiri dari periklanan dan kehumasan. Price (harga) yang terdiri dari harga ekonomis, harga psikologis, dan citra nasional. Place (distribusi) yang terdiri dari distribusi dan identifikasi wilayah, untuk menganalisis dan mengamati marketing politik Ridwan Kamil dan Oded M. Danial pada pemilihan umum walikota dan wakil walikota periode 2013-2018 di kota Bandung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data diperoleh melalui wawancara dengan informan kunci yaitu bagian kehumasan Tim Sukses Ridwan Kamil dan Oded M. Danial dan informan biasa yaitu dari masyarakat seperti pemilih, wartawan, dan pengamat politik di kota Bandung. Hasil penelitian diperoleh bahwa, berbagai dimensi mempunyai pengaruh dan keterkaitan satu sama lain, namun dari semua dimensi tersebut ada beberapa dimensi yang mempunyai pengaruh besar atau dominan dalam kegiatan marketing politik Ridwan Kamil dan Oded M. Danial. Produk yang salah satunya yaitu kandidat, pada marketing politik ini yaitu pasangan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial, memiliki pengaruh besar terhadap kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial pada pemilihan umum walikota dan wakil walikota di kota Bandung. Selain produk yaitu kandidat pasangan ini, program kerja juga memiliki faktor yang dominan, dimana mereka menawarkan program kerja yang menarik namun sederhana sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Sementara dimensi-dimensi lainnya relatif berjalan dengan baik. Sedangkan hasil dari proses penyampaian produk politik, bahwa promosi yang dilakukan telah sesuai dengan pengidentifikasian wilayah sesuai dengan karakteristik warga kota Bandung. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara umum pelaksanaan strategi marketing politik Ridwan Kamil dan Oded M. Danial pada pemilihan umum walikota dan walikota Bandung sudah berjalan dengan baik, hal ini berpengaruh pada menangnya Ridwan Kamil dan Oded M. Danial di pemilihan tersebut.: Marketing PolitikBauran Pemasaran PolitikTidak ada keywordANALISIS MARKETING POLITIK DALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDUNG PERIODE 2013-2018 (STUDI KASUS PASANGAN RIDWAN KAMIL DAN ODED M. DANIAL)