Eva ErvaniNury EffendiFAJAR BUDIYONO2024-06-212024-06-212021-11-18https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/120720197003Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan faktor-faktor yang menentukan ekspor produk rambut palsu Indonesia yang berupa ukuran ekonomi, jumlah tenaga kerja industri rambut palsu, jumlah penduduk wanita negara mitra dagang yang berusia 15-64 tahun dan jarak ekonomi, perjanjian perdagangan, tariff, harga produk pada periode tahun 2008-2018. Penelitian ini menggunakan metode RCA-RSCA dan Constant Market Share Analysis(CMSA), serta penggunaan analisis gravity model pada data panel melalui pendekatan model fixed effect dengan metode estimasi feasible generalized least square (FGLS) cross-section seemingly unrelated regression (SUR) dengan kontrol metode Poisson Pseudo Maximum Likelihood(PPML). Hasil penelitian menemukan bahwa produk rambut palsu Indonesia memiliki daya saing komparatif yang kuat dan daya saing kuantitatif yang kuat namun cenderung menurun. Ekspor Produk rambut Palsu Indonesia lebih dipengaruhi oleh GDP dan besarnya value added dari sektor manufaktur negara mitra dagang. Penduduk wanita usia 15-64 tahun negara mitra dagang memberikan pengaruh berbanding terbalik dengan jumlah ekspor produk rambut palsu Indonesia yang meningkat. Jarak ekonomi memberikan pengaruh negatif terhadap Ekspor Produk rambut palsu Indonesia. Perjanjian bilateral perdagangan bebas lebih menguntungkan untuk ekspor produk rambut palsu Indonesia dibandingkan dengan perjanjian perdagangan bebas regional(AFTA). Tariff perdagangan konsisten berpengaruh negatif terhadap ekspor produk rambut palsu IndonesiaProduk Rambut Palsutariffjarak ekonomiANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR PENENTU EKSPOR PRODUK RAMBUT PALSU INDONESIA