Asep Saeful RohmanTidak ada Data DosenBILLY PAMUNGKAS2024-06-032024-06-032023-09-14https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170404190007Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan atau pelayanan arsip inaktif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang diterapkan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek penelitian adalah Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 5 (lima) aspek proses penggunaan atau pelayanan arsip di Kantor Pusat PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung, pada bagian Tata Kelola Administrasi. Dalam beberapa aspek tersebut sudah sebagain besar sudah terlaksana, namun ditemukan masalah seperti masih adanya penumpukan arsip inaktif di record center/pusat arsip PT.Pos Indonesia yang membuat pelayanan arsip belum berjalan optimal karena pencarian arsip jadi terhambat oleh sulitnya pencarian arsip. Dalam proses permintaan arsip dilakukan melalui tulisan berupa surat, selanjutnya proses pencaria melalui daftar arsip inakif, setelah ditemukan pokok masalah arsipya lalu diambil oleh peminjam dan di buatkan Out Indicator oleh petugas Unit Kearsipan, setelah arsip diambil oleh peminjam lalu Out Indicator dikendalikan oleh petugas Unit Kearsian guna mengetahui keberadaan arsip yang dipinjam sedang ada dimana, setelah arsip digunakan sesuai fungsinya kemudian arsip dikembalikan ke petugas Unit Keasipan di Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung.Arsip InaktifPusat ArsipPelayanan ArsipProses Pelayanan Arsip Inaktif di Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (PERSERO) Kota Bandung