R. Nunung NurwatiDessy Hasanah Siti A.RISKA NANDINI2024-07-122024-07-122022-10-03https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170310180008Kualitas sumber daya manusia Indonesia yang tidak kompetitif merupakan salah satu bukti kegagalan dunia pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, perlu ada gerakan revolusioner dalam proses pendidikan generasi muda bangsa karena proses pendidikan terus berubah dan berkembang, menunjukkan berbagai tren masa depan yang tak terduga. Keterampilan hidup lebih luas dalam arti daripada keterampilan untuk bekerja karena mereka berada di ujung lain kontinum dimulai dengan pengetahuan dan kemampuan seseorang untuk berfungsi secara independen dalam kehidupan. Dengan memiliki keterampilan hidup seseorang akan dengan percaya diri menghadapi kehidupan dan masalahnya tanpa ada perasaan tekanan yang ekstrim, secara proaktif dan kreatif menemukan solusi untuk berbagai masalah dalam hidup, dan menjadi lebih sukses dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberfungsian sosial anak melalui program life skills yang ada di Panti Asuhan Budhi Asih. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian merupakan kumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Life Skills memiliki pengaruh yang sangat positif bagi anak. Program tersebut menjadikan anak menjadi lebih kreatif, disiplin, mandiri, rajin, inovatif dan memiliki akhlak yang baik Kata Kunci : Keberfungsian Sosial, Life SkillsKEBERFUNGSIAN SOSIALPANTI ASUHANANAKPROGRAM LIFE SKILLS DALAM MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BUDHI ASIH CIREBON