Taufik HidayatAkimDIAH APRILIANI2024-06-042024-06-042023-06-07https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170820200508Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang alami dimana hubungan diplomatik sudah berlangsung sejak tahun 1958, serta Jepang merupakan salah satu mitra dagang dan investor bagi Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan membuka kantor Promosi Perdagangan yaitu Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Diplomasi Komersial Indonesia terhadap Jepang melalui Indonesian Trade Promotion Center Osaka dalam meningkatkan Nilai Ekspor UMKM di Indonesia. Analisis dari tulisan ini menggunakan teori diplomasi komersial. Teori ini cukup komprehensif menerangkan mengenai berbagai aktivitas diplomasi komersial yang mencakup aktivitas perdagangan, investasi, investasi sosial, advokasi bisnis dan juga promosi pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Melalui proses analisis dan interpretasi data, maka hasil penelitian ini adalah bahwa Diplomasi Komersial Indonesia melalui ITPC Osaka dalam meningkatkan Nilai Ekspor UMKM Indonesia memiliki peningkatan nilai ekspor dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terkhir terhitung sejak tahun 2019, akan tetapi masih belum maksimal, dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya adalah adanya promosi perdagangan yang masih terbatas kepada para eksportir dan persyaratan layak ekspor di jepang terhitung cukup sulit.Diplomasi KomersialIndonesian Trade Promotion CenterUMKM EksporDIPLOMASI KOMERSIAL INDONESIA TERHADAP JEPANG MELALUI INDONESIAN TRADE PROMOTION CENTER OSAKA DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH INDONESI