KhoirunnisaKurniawan YudiantoNATHASA HANDAYANI2024-05-172024-05-172023-07-12https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/220210190013Latar belakang : Pemerintah Indonesia secara resmi mencabut status pandemi menjadi masa pasca pandemi COVID-19. Perubahan tersebut dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan adaptasi sehingga mempengaruhi capaian tugas perkembangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran perkembangan anak usia pra sekolah pasca pandemi COVID-19 di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Kota Tangerang. Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang berpartisipasi adalah anak usia pra sekolah peserta didik TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan besaran sampel yang dilibatkan sebanyak 143 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Denver II. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk memberi gambaran karakteristik subjek penelitian dengan menghitung distribusi frekuensi dan proporsi. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar anak mendapat kategori normal (55.9%) sedangkan hampir setengah anak mendapat kategori suspek (41.4%). Berdasarkan karakteristik anak seperti usia dan pengasuhan di rumah diketahui dapat mempengaruhi perkembangan anak pra sekolah. Kesimpulan dan rekomendasi : Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar sampel mendapat kategori normal pada skrining perkembangan pasca pandemi COVID-19. Peneliti merekomendasikan kepada institusi pendidikan, tenaga kesehatan dan pemerintah untuk bekerja sama dalam mencegah dan mengantisipasi keterlambatan perkembangan dengan memberikan stimulasi sesuai dengan kebutuhan anak pasca pandemi.Anak Pra SekolahPasca Pandemi COVID-19Perkembangan AnakGambaran Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Pasca Pandemi Covid-19 di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Kota Tangerang