Eni MaryaniEngkus KuswarnoANNISSA SAVIRA2024-05-192024-05-192017-10-10https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210110130236ABSTRAK Annissa Savira, 210110130236, 2017, Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jatinangor. “Pola Komunikasi Terapeutik dalam Terapi Auditory-Verbal pada Anak Tunarungu”. Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.S., selaku pembimbing utama dan Dr. Eni Maryani, M.Si., selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif yang terjadi dalam terapi auditory-verbal pada anak tunarungu di Yayasan Rumah Siput Indonesia, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan model SPEAKING (Setting, Participants, Ends, Act Sequences, Keys, Instrumentalities, Norms, and Genre) Grid dari Dell Hymes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situasi komunikatif yang terjadi adalah proses terapi auditory-verbal melibatkan terapis AVT, orang tua, dan anak tunarungu dilakukan setiap hari Senin-Jum’at, pukul 09.00 WIB-17.00 WIB di Yayasan Rumah Siput Indonesia yang berlokasi di Jalan Pertanian V No. 4A Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Peristiwa komunikatif yang terjadi secara berulang adalah greeting before class, absensi lesson plan, ling sounds, belajar berbicara mendengar, berbagi buku cerita, parent education, dan persiapan pulang. Tindak komunikatif yang dilakukan oleh terapis AVT adalah perintah, pujian, saran, dan penjelasan. Tindak komunikatif yang dilakukan orang tua adalah perintah, pujian, dan laporan, serta tindak komunikatif pada anak tunarungu adalah meniru perilaku dan memahami intruksi yang diberikan. Kata kunci : etnografi komunikasi, anak tunarungu, terapi auditory-verbaletnografi komunikasianak tunarunguterapi auditory-verbalPola Komunikasi Terapeutik dalam Terapi Auditory-Verbal pada Anak Tunarungu