Agus RahmatHeru Ryanto BudianaHADI KUSUMA WIJAYA2024-05-172024-05-172016-08-01https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/210110110050ABSTRAK Agung Saputra Sanjaya, 210110110047. Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Penggunaan Akun Twitter @my_supersoccer Dengan Kepuasan Informasi Follower Terhadap Berita Sepakbola Pada Anggota Komunitas MCSCI Bandung” dengan Dr. Yanti Setianti, M.Si, sebagai pembimbing utama dan Centurion C Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara penggunaan akun twitter @my_supersoccer yaitu intensitas mengakses, isi pesan yang dikonsumsi, dan hubungan individu dengan media, dengan kepuasan informasi follower yaitu pemenuhan kebutuhan informasi dan pengetahuan follower terhadap berita sepakbola pada komunitas MCSCI Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, melalui uji hipotesis Rank Spearman (rs) dengan teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Jumlah responden dalam penelitian yaitu 81 orang yang merupakan follower akun twitter @my_supersoccer dan tergabung dalam komunitas MCSCI Bandung yang terpilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dari Katz, Blumler, Gurevitch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara intensitas mengakses akun twitter @my_supersoccer dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower. Selain itu hubungan yang cukup berarti terdapat pada, hubungan antara individu dengan isi media dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower, Sementara itu hubungan yang rendah tapi pasti antara isi pesan (tweet) yang dikonsumsi pada akun twitter @my_supersoccer dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara penggunaan akun twitter @my_supersoccer dengan kepuasan informasi follower terhadap berita sepakbola pada komunitas MCSCI Bandung. Peneliti memberikan saran untuk meningkatkan lagi kandungan informasi yang terdapat dalam berita sepakbola pada akun twitter @my_supersoccer serta perlu ditingkatkan lagi sajian berita yang menarik dari dunia sepakbola agar dapat meningkatkan pengetahuan follower. Kata kunci : Penggunaan Media, Teori Uses and Gratifications, Kepuasan Informasi. ABSTRACT Agung Saputra Sanjaya, 210110110047. Student of Public Relations Departement,, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University. This thesis was titled ” The Link Between The Used Of @my_ supersoccer Twitter Account With Follower’s Information Satisfaction About Football News For The Members Of The Community Of MCSCI Bandung”. Counselors of this thesis were Dr. Yanti Setianti, M.Si, and Centurion C Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D. This study aims to know whether there is a link between the use of @my_ supersoccer twitter account the intensity access, message content was consump, and the relationships of individual to the media, with follower’s information satisfaction that was meeting the needs of information and knowledge follower about football news for the members of The Community Of MCSCI Bandung. This study adopted a correlational method using Spearman’s rank hypothesis test analyzed using descriptive and inferential data analysis technique. The total number of participants was 81 people who were the follower Of @my_ supersoccer twitter account and they were a members of The Community Of MCSCI Bandung chosen via simple random sampling technique. The data were collected using questionnaires,interviews observations, and literature reviews. The theory used from Katz, Blumler, Gurevitch that was a Uses and Gratifications theory. The result showed that there was a medium-intensity link between the intensity accessed @my _ supersoccer twitter account with the fulfillment of information follower needs. In addition the link that significant enough indicated also between ,meanwhile the link that low but surely between the contents of a message (the tweets) @my_supersoccer twitter account with the fulfillment of a need information follower. This study concluded that there was a that there was a medium-intensity link between the used of @my_ supersoccer twitter account with follower’s information satisfaction about football news for the members of The Community Of MCSCI Bandung. Researchers advise that to further increase the information content in the football news on his twitter account @my_supersoccer and need to be improved grain interested news from the world of football in order to improve knowledge follower. Keywords : Media Used , Uses And Gratifications Theory , Information SatisfactionKuantitatifintegrasi InformasiSimpel random samplingHubungan antara informasi alur pelayanan ksehatan pada program sharing kesehatan BPJS dengan sikap peserta terhadap alur pelayanan ksehatan