Herlina NapitupuluSudradjatADISTY PRATIWI2024-05-222024-05-222023-07-12https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/140110190059Aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat mengharuskan dilakukannya perpindahan antar tempat. Masyarakat membutuhkan pelayanan yang dapat membantu pergerakan mereka dalam beraktivitas agar waktu yang digunakan menjadi lebih efektif dan efisien. PT Kereta Commuter Indonesia merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu solusi bagi masyarakat untuk menjawab masalah transportasi perkotaan, terutama area Jabodetabek yang semakin padat dan kompleks. Namun, pemakai jasa transportasi umum termasuk pengguna commuter line seringkali harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian berfokus pada pembahasan pelayanan fasilitas mesin gate pada pintu check in commuter line dan pelayanan kereta menggunakan konsep teori sistem pelayanan. Penelitian dilakukan pada Stasiun Bekasi yang memiliki sembilan mesin gate untuk check in dengan pelayanan First Come First Serve dan empat peron untuk kereta dengan pelayanan Priority Service. Model pelayanan yang digunakan yaitu Multiple Channel Single Phase untuk pelayanan fasilitas mesin gate dan kereta. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesibukan pelayanan check in commuter line cukup tinggi sedangkan pelayanan kereta memiliki tingkat kesibukan yang rendah sehingga sistem pelayanan kurang optimal. Tingkat kesibukan pada pelayanan commuter line dapat lebih optimal apabila terdapat pengurangan fasilitas pada pelayanan kereta menjadi tiga peron yang digunakan di Stasiun Bekasi.sistem pelayananstasiun kereta apitransportasi umumAnalisis Sistem Pelayanan Fasilitas Mesin Gate dan Kedatangan Kereta bagi Pengguna Commuter line Indonesia di Stasiun Bekasi