Mokhamad AnwarSutisnaRISQIYADI2024-05-302024-05-302021-04-01https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/120420150002Penelitian didasari oleh peran industri ritel sebagai indikator dari komponen perdagangan yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) pada setiap daerahnya. Kinerja industri ritel terus mengalami peningkatan baik dilihat dari pertumbuhan penjualan rata-rata. Walaupun begitu, sektor ritel sedang dihadapkan pada revolusi 4.0 yang membuat persaingan bisnis semakin ketat. Semakin banyaknya bisnis yang berekspansi beralih ke toko online dan menggeser toko offline. Beberapa usaha ritel sudah ada yang menutup usahanya maka dari itu perusahaan ritel perlu untuk menjaga nilai perusahaan agar dapat bertahan pada industri ritel. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris determinan nilai perusahaan yang ditinjau dari struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan pada emiten ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dalam mengetahui hubungan kausalitas dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisa yang dilakukan menggunakan data panel. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk pengujian parsial hanya variabel profitabilitas yang memberikan pengaruh secara positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel struktur modal tidak berpengaruh negatif signifikan begitupun variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif signifikanStruktur modalProfitabilitasUkuran PerusahaanDITERMINAN NILAI PERUSAHAAN DITINJAU DARI STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN