Yati S. AksaCece SobarnaIMAN HILMAN2024-05-222024-05-222010https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/180130100022Judul disertasi “Peran Kearifan Lokal dalam Pendidikan Lingkungan Hidup : Kajian Adaptasi Budaya Masyarakat Kampung Kuta Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Penelitian dirahkan pada peranan kearifan lokal masyarakat Kampung Kuta dalam pendidikan lingkungan hidup. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman holistik yang dilakukan secara informal pada masyarakat. Kearifan lokal memiliki peranan yang sangat strategis dalam rangka memberikan kontribusi untuk menambah wawasan dan pengetahuan lingkungan pada pendidikan lingkungan hidup sebagai sumber belajar yang terintegrasi. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini mencakup : identifikasi jenis kearifan lokal yang relevan dengan pendidikan lingkungan hidup, peranan kearifan lokal dalam proses pendidikan lingkungan hidup, dan tentang pola integrasi kearifan lokal dalam pendidikan lingkungan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian diperoleh dari informasi yang diberikan secara langsung oleh informan berupa data lisan tentang jenis dan bentuk kearifan lokal serta data tentang berbagai peristiwa budaya. Data dianalisis dan dilakukan uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi pada teknik pengumpulan data dan pada sumber data yang diperoleh. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal Kampung Kuta memiliki karakter sangat selektif, memiliki kesantunan, mengutamakan harmoni, dan berorientasi ke masa depan. Bentuk kearifan lokal tersebut terintegrasi dalam pengetahuan, keyakinan, pemahaman atau wawasan, serta adat kebiasaan atau etika. Bentuk kearifan lokal yang relevan dengan pendidikan lingkungan hidup terdapat dalam upaya mereka untuk melindungi hutan keramat, melestarikan sumberdaya air, melestarikan rumah adat, larangan menguburkan mayat dan pembuatan sumur, serta pelaksanaan upacara adat dan kesenian. Kearifan lokal ini mengatasi berbagai permasalahan lingkungan, sehingga sesuai dengan tujuan pendidikan lingkungan untuk memiliki kesadaran, sikap, pengetahuan, keterampilan, partisipasi, evaluasi serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan untuk memecahkan masalah lingkungan. Peranan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Kuta dalam pendidikan lingkungan hidup dalam proses adaptasi budaya tercermin dari ketaatan dalam : mentaati pelaksanaan aturan adat, memahami prinsip pengelolaan lingkungan, melakukan pewarisan kebudayaan dan penanaman nilai, melanjutkan sistem budaya masyarakat, mengurangi terjadinya perubahan lingkungan, meningkatkan pemahaman religi, mengelola dan mengendalikan pencemaran, mencegah kerusakan lingkungan, dan memanfaatkan sumberdaya dan konservasi. Pola integrasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat kampung kuta dalam praktik adaptasi budaya pada pendidikan lingkungan hidup dilakukan dengan mengelaborasikan kearifan lokal ke dalam pendidikan berbasis budaya melalui : menanamkan prinsip cinta lingkungan, menjaga dan memelihara kondisi lingkungan, mewariskan tradisi lokal, mengawasi dan melestarikan lingkungan, memanfaatkan sumberdaya alam, menanamkan kebersamaan dan gotong royong, menanamkan kesadaran pentingnya kesehatan lingkungan, menerapkan tabu dalam pelestarian hutan, menerapkan tabu dalam aktivitas kehidupan, melaksanakan upacara-upacara adat, mendirikan rumah, manifestasi praktik adaptasi budayaKearifan LokalPerananPola IntegrasiPeran Kearifan Lokal dalam Pendidikan Lingkungan Hidup : Kajian Adaptasi Budaya Masyarakat Kampung Kuta Kabupaten Ciamis Jawa Barat