Hery WibowoBintarsih SekarningrumFATHARANI INDAH ABSHARI MEGAPERTIWI2024-07-232024-07-232023-03-21https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170710170010Adaptasi sebagai suatu aksi ketika menghadapi perubahan maupun suatu kondisi baru. Hal ini terjadi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring bagi siswa pada masa pandemi COVID-19. Dalam melewati berbagai hambatan pada masa pembelajaran tersebut dilihat dari bagaimana penyesuaian siswa melalui tiga macam adaptasi yaitu adaptasi tingkah laku, adaptasi strategi dan adaptasi proses. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan adaptasi siswa serta faktor hambatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di SMPN 5 Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Uji keabsahan data dengan triangulasi data sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan siswa tersebut cenderung tidak kondusif dan terdapat perilaku menyimpang. Fasilitas media eletronik, lingkungan belajar, dan karakteristik siswa menjadi faktor penghambat yang mengakibatkan siswa tersebut tidak dapat melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara penuh pada masa pandemi COVID-19. Dengan adanya dukungan oleh guru dan orangtua kemungkinan buruk hasil belajar melalui penilaian siswa dapat dicegah dan siswa tersebut dapat melanjutkan jenjang kelas belajar dibalik kemandirian dan kedisiplinan siswa yang dapat dikatakan masih rendah.AdaptasiPembelajaran Jarak JauhDaringADAPTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif pada Siswa SMPN 5 Kota Cimahi)