Devianti Yunita HTidak ada Data DosenRIZKI ZULAIKA2024-05-272024-05-272017-08-21https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/120110100188Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap relevansi nilai informasi akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tergabung dalam indeks LQ 45 tahun 2014-2016 dengan total observasi sebanyak 25 perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu corporate governance yang menggunakan indikator ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, proporsi komite audit profesional, dan frekuensi rapat komite audit serta ukuran perusahaan. Variabel dependen penelitian adalah relevansi nilai informasi akuntansi. Model penelitian menggunakan price model (Ohlson model) yang dihitung dengan analisis regresi linear berganda dan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek corporate governance dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap relevansi nilai informasi akuntansi. Secara simultan, corporate governance dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap relevansi nilai informasi akuntansi. Kata kunci: corporate governance, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, proporsi komite audit profesional, frekuensi rapat komite audit, ukuran perusahaan, relevansi nilai informasi akuntansi.corporate governanceukuran perusahaanrelevansi nilai informasi akuntansiPengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Relevansi Nilai Informasi Akuntansi