Budhi GunawanBinahayatiEVERD SCOR RIDER DANIEL2024-05-272024-05-272018-10-16https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/171320160002Pendidikan merupakan layanan dasar yang terkait langsung pada hak dasar anak, yaitu mendukung proses tumbuh kembang. Pendidikan menjadi bagian dari hak anak yang sangat penting dan mendasar sehingga pemerintah berkewajiban menjamin agar hak tersebut terpenuhi secara maksimal. Namun, masalah yang dialami anak-anak eks pengungsi Timor Timur dimana mereka belum mendapat standar pendidikan yang maksimal karena masalah utama pada faktor layanan pemerintah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan konsep child right ecology atau ekologi hak anak (Bronfenbrenner, 1976), berupaya menganalisis struktur layanan pendidikan dan faktor-faktor persoalan di level micro (keluarga), meso (sekolah), exo (LSM) dan macro (pemerintah). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan purposeful sampling. Tujuan penelitian untuk mengintegrasikan level-level yang berpengaruh pada layanan pendidikan agar kebutuhan dasar anak-anak eks pengungsi terpenuhi dan terlayani secara baik.Hak PendidikanEks PengungsiKebijakan SosialAnalisis Struktur Layanan Sosial Terhadap Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Eks Pengungsi Timor Timur (Studi di Kabupaten Belu, NTT)