Aat SriatiAdelse Prima MulyaALNIDA ANGGRENI BUNGA IRIANTO2024-06-062024-06-062021-09-17https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/220110170032Media sosial kini tengah menjadi tempat dimana seseorang mengalami cyberbullying. Didukung keadaan pandemi yang mengharuskan remaja untuk bersekolah dirumah membuatnya menggunkan internet dengan skala yang lebih besar dari biasanya. Penelitian ini berfokus untuk membahas berbagai faktor yang mampu membuat remaja melakukan cyberbullying. Tujuan studi literatur ini ialah guna mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi cyberbullying serta bagaimana faktor tersebut mempengaruhi perilaku remaja. Penelitian dilakukan dengan pendekatan desain narrative review. Pencarian dilakukan pada 3 database yakni EBSCO, ScienceDirect serta PubMed. Dari database tersebut dipilihlah artikel full text dalam rentang waktu tahun 2015- 2020, dengan menggunakan perpaduan kata kunci factor AND influence AND behavior AND adolescence AND cyberbullying dan dalam bahasa Indonesia faktor ATAU elemen” DAN “mempengaruhi” DAN “perilaku” AND “Remaja” DAN perilaku cyberbullying. Kemudian didapatkanlah 9 artikel yang sesuai dan digunakan dalam studi literatur. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialah ditemukannya faktor internal yang mempengaruhi perilaku cyberbullying diantaranya self-esteem, regulasi emosi, gender, usia, pengendalian diri dalam mengolah emosi, serta konformitas. Sedangkan untuk faktor eksternalnya ialah penggunaan zat adiktif, game online, lingkungan pergaulan, sekolah, keluarga, penggunaan gadget berlebih. Studi literatur ini diharapkan mampu menjadikan sumber informasi bagi pembaca untuk turut serta dalam pencegahan cyberbullying.CyberbullyingFaktor-faktorPerilakuSTUDI LITERATUR : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA