Desi YunitaBintarsih SekarningrumNIDA HANIFAH NUR FARIDAH2024-07-242024-07-242023-06-28https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170710190002Adanya kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas atau PTMT membuat perubahan seperti metode belajar menjadi tatap muka dengan sistem sesi, penerapan protokol kesehatan, dan aturan baru yang tidak ada dalam pembelajaran jarak jauh. Demi terlaksananya proses pembelajaran dengan aman dan nyaman, maka siswa, orang tua, dan guru memiliki sikap dan caranya untuk beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adaptasi orang tua, siswa, dan guru saat PTMT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan terhadap 14 informan yang merupakan orang tua, siswa, dan guru di SDN Cinangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua, siswa, guru di SDN Cinangka beradaptasi dengan beberapa proses sebagai bentuk penyesuaian dari kebijakan PTMT melalui mengikuti metode belajar dan aturan dengan baik. Akan tetapi terdapat berbagai hambatan yang dilalui, utamanya waktu yang sangat terbatas membuat siswa lebih sulit memahami materi pembelajaran. Guru pun akhirnya memberikan tambahan materi dan tugas dengan berinovasi memanfaatkan media digital. Orang tua, siswa, dan guru di SDN Cinangka dapat beradaptasi dengan baik karena mematuhi sistem dengan bijak dan kesadaran akan saling membantu satu sama lain. Media digital dan interaksi yang baik menjadi faktor pendukung yang penting dalam kelancaran proses adaptasi.AdaptasiGuruOrang TuaAdaptasi Orang Tua, Siswa, dan Guru Dalam Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung