Valentina Belinda Marlianti LumbantobingAti Surya MediawatiAMIATUN2024-06-042024-06-042014https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/220110140041CCSA (Comprehensive Clinical Skill Analysis) merupakan mata kuliah yang memperkenalkan mahasiswa dengan lahan praktik perawat dan berbagai keterampilan klinik dasar keperawatan sebagai bekal memasuki Profesi Ners. Pada pelaksanaanya, berdasarkan data evaluasi CCSA mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran angkatan 2014 yang telah melaksanakan CCSA mengalami 12 hambatan. Secara keseluruhan hambatan bingung paling banyak terjadi dengan jumah 69 kejadian (36,31%). Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa keperawatan pada saat menjalani CCSA. Desain penelitian menggunakan studi deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data FGD dengan teknik non probability sampling jenis sampling aksidental (N=6). Pengumpulan data dilakukan pada Agustus 2018. Hasil data kemudian ditranskrip dan dianalisis menggunakan metode analisis data tematik tujuh langkah yang dikenalkan oleh Colaizzi (1978) dan dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini didapatkan tujuh tema permasalahan yang selanjutnya berdasarkan masing-masing tema tersebut peneliti menganalisis kebutuhan yang diperlukan diantaranya penguatan keterampilan praktis, penguatan pendampingan dalam tindakan kepada pasien, penguatan kesiapan pengetahuan akademis, penguatan orientasi lingkungan praktik klinis, penguatan kemampuan berkomunikasi dengan baik, pengaturan manajemen waktu, dan penguatan karakter building. Berdasarkan hasil peneliti ini, peneliti menyarankan kepada program studi S1 Keperawatan memberikan penguatan kepada mahasiswa sebelum pelaksanaan CCSA guna meningkatkan kemampuan dan kesiapan mahasiswa dalam menjalani pembelajaran klinis.HambatanKebutuhanMahasiswa KeperawatanANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA KEPERAWATAN UNPAD BERDASARKAN HAMBATAN PADA SAAT MENJALANKAN CCSA