Yosini DelianaTidak ada Data DosenA MIFTAKUL MUBIN2024-05-162024-05-162014-07-18https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/150310070115ABSTRAK AKHMAT MIFTAKUL MUBIN 2014. Preferensi Konsumen terhadap Kemasan Sayuran Organik. Dibawah Bimbingan YOSINI DELIANA, Ir., MS. Maraknya produksi makanan organik akhir-akhir ini mendorong konsumen untuk sadar akan keamanan dan kesehatan produk yang mereka konsumsi. Sayuran organik merupakan sayuran yang dihasilkan dari pertanian yang bersifat ramah lingkungan dan lebih alami dan berkelanjutan sehingga banyak diminati dan harga sayuran ini melambung tinggi. Setiabudhi Supermarket merupakan salah satu pelaku pasar modern yang ada di Bandung Jawa Barat yang menjual sayuran organik. Sayuran ini mudah mengalami kerusakan oleh faktor lingkungan dan sifat alamiah produk. Pemilihan kemasan sangat menentukan bagaimana keamanan produk itu dan bagaimana kemasan tersebut dapat menarik perhatian konsumen. Segmentasi pasar merupakan salah satu dari kegiatan pemasaran yang membagi-bagi pasar untuk mempermudah dan mengetahui siapa saja yang menjadi konsumennya, sedangkan preferensi konsumen adalah kesukaan, pilihan atau sesuatu yang lebih disukai konsumen sehingga membentuk persepsi sesuai dengan harapan konsumen akan suatu produk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui segmentasi pasar sayuran organik berdasarkan karakteristik demografis konsumen dan preferensi konsumen terhadap atribut kemasan sayuran organik serta hubungan karakteristik tersebut dengan preferensi kemasan sayuran organik yang menyebabkan konsumen memilih kemasan tersebut. Penelitian lapangan dilakukan pada Bulan Maret 2014 di Setiabudhi Supermarket dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, kuesioner, wawancara, dan studi literatur. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan desain kualitatif kuantitatif terhadap 30 informan yang menjadi konsumen sayuran organik. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa karakteristik konsumen sayuran organik di setiabudhi supermarket menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki umur antara 20-30 tahun dan jenis pekerjaan konsumen berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang bekerja. Tingkat pendidikan konsumen didominasi oleh sarjana dengan rata-rata jumlah anggota keluarga sebanyak 3-5 orang. Tingkat pendapatan konsumen didominasi oleh golongan dengan tingkat pengeluaran antara Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000 keatas. Frekuensi pembelian konsumen untuk sayuran organik cukup tinggi antara 2 -3 kali dalam seminggu dan pembelian tersebut diperuntukan bagi seluruh anggota keluarganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mengekspresikan preferensinya terhadap atribut produk meliputi kesegaran, sertifikasi, bahan dan label informasi. Bahan kemasan sayuran daun yang paling diminati konsumen yaitu kemasan sayuran plastik tertutup berlubang diikuti kemasan sayuran buah yaitu fullwrap. Berbeda untuk kentang organik, konsumen lebih memilih kemasan jaring sayuran. Pertimbangan konsumen sebelum membeli sebuah produk sayuran organik adalah kualitas/kesegaran sayuran diikuti harga kemudian kemasannya sedangkan dari sisi konten/atribut kemasan yang paling menarik konsumen untuk melakukan pembelian adalah sertifikasi, bahan kemasan, label dan informasi produk.Segmentasi pasarpreferensi konsumenkemasanANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN SAYURAN ORGANIK (Studi Kasus Produk Sayuran Organik di Setiabudhi Supermarket , Kota Bandung, Jawa Barat)