Tidak ada Data DosenTidak ada Data DosenWULAN KUSUMANINGTYAS2024-07-052024-07-052012-10-18https://repository.unpad.ac.id/handle/kandaga/170310080051ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Motivasi Berprestasi di Bidang Akademik pada Anak Panti Asuhan (Studi Deskriptif pada Anak Panti Asuhan yang Tinggal di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 1 Klender, Jakarta Timur)†. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana proses anak panti asuhan dalam mendapatkan motivasi berprestasi di bidang akademik. Motivasi berprestasi adalah dorongan yang diperoleh seseorang untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, mencapai tujuan atau mencapai keunggulan prestasi tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara dengan teknik wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah 2 anak panti asuhan yang berprestasi di bidang akademik, 2 anak panti asuhan yang kurang berprestasi di bidang akademik, dan sebagai bahan cross check diperoleh data dari 4 pendamping/pengasuh panti asuhan, 2 ibu kandung dari anak panti asuhan berprestasi, serta 2 wali kelas dari anak panti asuhan yang kurang berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi yang diperoleh anak panti asuhan dengan prestasi baik yaitu berasal dari sumber intrinsik yang meliputi harapan yang tinggi dan terarah, mengerti arti keberhasilan dalam memperoleh prestasi, percaya diri dengan kemampuan intelegensinya, dan memiliki minat yang tinggi di bidang akademik. Selain itu, motivasi berprestasi anak tersebut juga berasal dari sumber ekstrinsik yang meliputi harapan orang tua, tuntutan orang tua, dukungan dari orang tua, dan penghargaan dan hukuman dari orang tua. Kemudian anak panti asuhan yang berprestasi juga memiliki karakteristik seperti berorientasi sukses, berorientasi jauh ke depan, lebih suka dengan kesulitan moderat, dan tidak suka dengan pemborosan waktu. Dan yang terakhir, anak panti asuhan yang berprestasi selalu menganggap bahwa prestasi merupakan kebutuhan yang harus dia capai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang berprestasi mendapatkan dukungan langsung dari orangtua kandungnya untuk dapat berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membuat plan of treatment (POT) berupa Study Tour yang betujuan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada anak panti asuhan dalam meraih prestasi di bidang akademik.Tidak ada keywordTidak ada keywordMOTIVASI BERPRESTASI DI BIDANG AKADEMIK PADA ANAK PANTI ASUHAN (Studi Deskriptif pada Anak Panti Asuhan yang Tinggal di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 1, Klender Jakarta Timur)