S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Author "AFNI APRILIYANTI DEVITA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item TUTURAN BERMAKNA IMPERATIF DALAM NOVEL ANAK BERBAHASA INGGRIS HELLO UNIVERSE KARYA ERIN ENTRADA KELLY: KAJIAN PRAGMATIK(2021-05-07) AFNI APRILIYANTI DEVITA; Nani Darmayanti; WahyaTesis ini berjudul “Tuturan Bermakna Imperatif dalam Novel Anak Berbahasa Inggris Hello Universe Karya Erin Entrada Kelly: Kajian Pragmatik”. Tujuan penelitian dalam tesis ini mendeskripsikan bentuk, jenis, dan fungsi tuturan bermakna imperatif dalam novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian mengacu kepada teori wujud formal dan wujud pragmatik imperatif menurut Rahardi (2005), teori penanda lingual kalimat imperatif berbahasa Inggris oleh Swan (1995), teori tindak tutur menurut Wijana & Rohmadi (2018), dan tekanan ilokusi imperatif dalam bahasa Inggris menurut Takahashi (2012). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu novel anak berbahasa Inggris dengan judul Hello Universe karya Erin Entrada Kelly. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tuturan bermakna imperatif yang terdiri atas tuturan bermakna imperatif berbentuk kalimat imperatif, tuturan bermakna imperatif berbentuk kalimat interogatif, dan tuturan bermakna imperatif berbentuk kalimat deklaratif. Jenis tindak tutur yang memuat tuturan bermakna imperatif terdiri dari tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Fungsi tuturan bermakna imperatif yang ditemukan dalam novel ini terdiri dari fungsi perintah (command), permintaan (request), nasihat (advice), undangan (invitation), dan pemberian izin (permission). Penggunaan bentuk tuturan bermakna imperatif oleh anak-anak dalam novel ini lebih banyak menggunakan bentuk yang sesuai dengan fungsi dan struktur kalimatnya. Jenis tuturan yang digunakan pun merupakan tindak tutur langsung literal yang makna tuturannya dapat dipahami dengan mudah oleh mitra tutur. Fungsi yang digunakan dalam novel ini menunjukkan fungsi perintah (command) lebih banyak digunakan dalam percakapan anak-anak dibandingkan dengan penggunaan fungsi yang lain.