D4 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D4 - Diploma by Author "FAIZA NASYWA HAYA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Strategi Bisnis pada Salah Satu Bisnis Makanan di Tangerang Selatan ( Studi Kasus Jang.toppoki Kecamatan Pamulang)(2023-10-05) FAIZA NASYWA HAYA; Zumi Saidah; Asri WidyasantiJang.toppoki ini berada di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Seiring berjalannya waktu, tingginya persaingan pasar membuat Jang.toppoki semakin kesulitan mempertahankan performanya. Dengan adanya hal tersebut, maka usaha dapat memanfaatkan tantangan dan peluang sebagai landasan untuk mengembangkan strategi bisnis membantu perusahaan bertahan, bersaing, dan terus berkembang untuk mencapai tingkat yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan memilih prioritas strategi yang paling efektif untuk diterapkan dalam pengembangan Jang.toppoki di Pamulang. Desain pada penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan teknik penelitian studi kasus. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mata Rantai Agroindustri sebagai metode analisis kondisi perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian analisis Matriks IFAS dan EFAS, kekuatan utama Jang.toppoki diantaranya adalah Bahan baku yang memiliki sertifikasi halal, Tidak memiliki hutang, serta Cash Flow yang positif dan menguntungkan untuk usaha. Sedangkan, kelemahan utama perusahaan adalah Harga jual yang mahal apabila dibeli melalui aplikasi ketiga. Dipihak lain, Peluang utama yang dimiliki adalah, Lokasi yang mudah diakses, sedangkan ancaman utama bagi perusahaan yaitu Semakin banyak pesaing baru yang berada di sekitar lokasi. Total skor matriks IFAS Jang.toppoki menunjukkan angka 3,03; serta total skor matriks EFAS pada Jang.toppoki adalah 2,78. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kondisi lingkungan internal kuat dan kondisi eksternal yang sedang. Posisi usaha Jang.toppoki terletak di kuadran dua yaitu tumbuh dan kembangkan dengan demikian menurut hasil matriks SWOT dan Matriks QSPM, prioritas strategi bisnis yang paling sesuai dalam pengembangan usaha Jang.toppoki adalah Jang.toppoki harus memperkuat branding dari Jang.toppoki dengan mengedepankan kualitas produk, Melaksanakan campaign promosi yang lebih menarik pada setiap saluran distribusi yang dimiliki, dan Memanfaatkan Cash Flow yang ada dengan melaksanakan kegiatan pemasaran secara masif.