Perpustakaan dan Sains Informasi (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Perpustakaan dan Sains Informasi (S1) by Author "Agus Rusmana"
Now showing 1 - 20 of 24
Results Per Page
Sort Options
Item Buklet sebagai Media untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Kader Posyandu(2023-09-12) YULIANI; Ute Lies Siti Khadijah; Agus RusmanaBuklet merupakan salah satu media komunikasi berbasis visual yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses rancang bangun buklet sebagai media untuk meningkatkan literasi kesehatan kader posyandu di Kecamatan Jatinangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode action research dengan menganut model spiral milik Kemmis dan Taggart. Tahapan penelitian dalam model ini adalah perencanaan, tindakan, observasi (pengukuran ), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kader posyandu di Kecamatan Jatinangor yang diwakili oleh kader di Posyandu Nuri 3 (Desa Cikeruh RW 03) dan Posyandu Nuri 4 (Desa Cikeruh RW 04). Data penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu observasi, wawancara, FGD (Focus Group Discussion), angket, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pengukuran indikator, diketahui bahwa semua aspek mulai dari ukuran, gambar, warna, huruf, dan bahasa yang digunakan di dalam buklet mendapatkan skor di atas 61%. Kesimpulannya adalah buklet ini layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan literasi kesehatan kader posyandu di Kecamatan Jatinnagor.Item HUBUNGAN ANTARA PROSES PENCARIAN INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @LISCAREHIMAKA DENGAN PENGETAHUAN FOLLOWERS TENTANG AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN(2022-10-15) FAISAL RAHMADI; Agus Rusmana; Rully Khairul AnwarPenelitian ini membahas hubungan antara proses pencarian informasi pada akun Instagram @liscarehimaka dengan pengetahuan followers tentang akademik dan kemahasiswaan. Dengan tujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara proses pencarian informasi pada akun Instagram @liscarehimaka dengan pengetahuan followers tentang akademik dan kemahasiswaan melalui enam tahapan proses pencarian informasi oleh Kuhltahu (1991) yaitu tahap inisiasi, tahap pemilihan, tahap penjelajahan, tahap penyusunan, tahap pengumpulan, dan tahap penyajian. Dengan jumlah populasi 525 followers akun Instagram @liscarehimaka dan menghasilkan sampel sebanyak 84 responden. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan menggunakan SPSS 26. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pencarian informasi pada akun Instagram @liscarehimaka memiliki hubungan positif yang tinggi dengan pengetahuan followers tentang akademik dan kemahasiswaan.Item Hubungan Kegiatan Pembinaan Perpustakaan Dengan Minat Kunjung Siswa SMA di Perpustakaan Umum Kota Sukabumi(2022-01-18) MAHARANI PUSPITA DEWI; Rully Khairul Anwar; Agus RusmanaTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kegiatan pembinaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa SMA ke Perpustakaan Umum Kota Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Responden dalam penelitian ini adalah Siswa SMA 1 Kota Sukabumi, Siswa SMA 3 Kota Sukabumi, dan Siswa SMA 4 Kota Sukabumi yang diberi atau mengetahui tentang kegiatan Pembinaan Perpustakaan yang dilakukan oleh Humas Perpustakaan Umum Kota Sukabumi sebanyak 93 orang. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan pembinaan perpustakaan dengan minat kunjung Siswa SMA ke perpustakaan Umum Kota Sukabumi. Kata Kunci: Humas Perpustakaan, Minat Kunjung, Kegiatan Pembinaan Perpustakaan, Siswa SMA Kota Sukabumi.Item Hubungan Kualitas Informasi Akun Instagram @Warkopsepenuhati dengan Pengetahuan Followers tentang Produk Sepenuhati Kopi(2023-01-17) ADI SUWARDI; Agus Rusmana; Encang SaepudinInstagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Orang-orang menggunakan instagram untuk mencari informasi dalam rangka menambah pengetahuan dan kebutuhan informasinya. Selain digunakan untuk pribadi, instagram digunakan juga oleh komunitas ataupun bisnis sebagai sarana promosi informasi, salah satunya bisnis kopi yang sedang meningkat jumlahnya di Indonesia. Akun instagram @warkopsepenuhati adalah salah satu kedai kopi yang menjadikan akun instagramnya sebagai sumber informasi yang berisikan konten-konten informatif terkait produk Sepenuhati Kopi. Pembentukan pengetahuan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas informasi. Dengan memberikan informasi yang berkualitas yang pada penelitian ini terkait informasi dari instagram, diharapkan dapat menambah pengetahuan followers yang nantinya bisa membuat followers mengenali lebih jauh tentang usaha dan dapat menarik perhatian calon pelanggan untuk menggunakan produk atau menambah loyalitas bagi pelanggan lama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas informasi instagram @warkopsepenuhati yang meliputi akurasi, waktu, dan relevansi informasi dengan pengetahuan followers tentang produk Sepenuhati Kopi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang setelah melalui perhitungan rumus Slovin. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data sebagai data primer pada penelitian ini. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online kepada followers instagram Sepenuhati Kopi. Selain kuesioner, data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif (data responden dan data penelitian) dan analisis inferensial (uji hipotesis hubungan) dengan diproses menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi akun instagram @warkopsepenuhati berhasil membentuk pengetahuan followers tentang produk Sepenuhati Kopi, yang berarti bahwa variabel kualitas informasi dari mulai akurasi, waktu, dan relevansi informasi dapat menumbuhkan pengetahuan followers sehingga dapat menarik perhatiannya untuk menggunakan produk.Item HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI AKUN INSTAGRAM EXPLORE BANDUNG DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DESTINASI WISATA DI KOTA BANDUNG(2021-04-05) MUHAMAD RIZKI AULIA; Agus Rusmana; Ute Lies Siti KhadijahTujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas informasi akun instagram @explorebandung dengan pemenuhan kebutuhan informasi destinasi wisata di kota Bandung bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi korelasional. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kriteria situs web yang baik dan teori kebutuhan informasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diajukan semuanya diterima, yaitu: terdapat hubungan dari intensitas penggunaan instagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi wisata kota Bandung bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas informasi instagram @explorebandung dengan pemenuhan kebutuhan informasi wisata destinasi wisata Kota Bandung bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2017 . Saran dari penelitian ini adalah interaksi dengan followers yang lebih intens. Serta mengadakan pelatihan atau talk show secara virtual tang terjadawal untuk lebih meningkatkan interaksi dengan pengikutnya di insrtagram. dan beragam hal lain yang dapat dicoba untuk menopang informasi yang disampaikan agar lebih menarik perhatian masyarakat yang mengakses akun instagram Explore Bandung.Item HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI CAREER TIPS PADA INSTAGRAM @GLINTSID DENGAN PENGETAHUAN PENGGUNA TENTANG KEMATANGAN KARIR(2023-07-10) FINA NURUL ZAKIYYAH; Agus Rusmana; Nuning KurniasihPenelitian ini menjelaskan tentang hubungan antara kualitas informasi career tips pada Instagram @glintsid dengan pengetahuan pengguna tentang kematangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan kualitas informasi career tips yang meliputi akurat, relevan, tepat waktu, dan lengkap dengan pengetahuan pengguna tentang kematangan karir mahasiswa Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara penyebaran angket, observasi pada akun Instagram @glintsid, serta studi kepustakaan. Angket disebarkan kepada 66 responden yang memenuhi kriteria, yakni merupakan mahasiswa aktif Universitas Padjadjaran yang juga merupakan pengikut akun @glintsid, teknik sampling digunakan dengan cara simple random sampling, Teknik analisis uji korelasi pada penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment dengan bantuan IBM Statistics SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akurasi informasi career tips pada Instagram @glintsid berhubungan signifikan dengan pengetahuan pengguna dengan kategori hubungan moderat, relevansi informasi career tips pada Instagram @glintsid berhubungan signifikan dengan pengetahuan pengguna dengan kategori hubungan rendah, ketepatan waktu informasi career tips pada Instagram @glintsid dengan pengetahuan pengguna dengan kategori hubungan moderat, kelengkapan informasi career tips pada Instagram @glintsid berhubungan signifikan dengan pengetahuan pengguna dengan kategori hubungan moderat.Item Hubungan Kualitas Informasi Instagram @menjadimanusia.id dengan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental(2023-11-02) AZIZAH PARAMAYU; Agus Rusmana; Nuning KurniasihPada penelitian ini menjelaskan hubungan antara kualitas informasi kesehatan mental di Instagram @menjadimanusia.id dengan pengetahuan followers Instagram @menjadimanusia.id terkait hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas informasi yang meliputi akurat, tepat waktu, dan relevan, dengan pengetahuan followers Instagram @menjadimanusia.id tentang kesehatan mental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain yaitu penyebaran angket, melakukan observasi pada Instagram @menjadimanusia.id, serta studi kepustakaan melalui buku, artikel, dan lainnya. Kuesioner yang sudah dibuat disebarkan pada 85 responden yang memenuhi kriteria yaitu followers Instagram @menjadimanusia.id yang pernah berkomentar di postingan Instagram tersebut selama bulan Juni 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan responden dalam penelitian ini yaitu sampling acak sederhana, serta uji korelasi yang digunakan adalah Pearson Product Moment, dan untuk mengolah data hasil penelitian menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi Instagram @menjadimanusia.id yang meliputi akurat, tepat waktu, dan relevan memiliki hubungan dengan pengetahuan tentang kesehatan mental followers dengan tingkat moderat (cukup kuat).Item Hubungan Kualitas Informasi Website Beauty Journal by Sociolla Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Perempuan(2023-02-24) SALWA DITA HUMAIRO; Elnovani Lusiana; Agus RusmanaPenelitian ini membahas tentang bagaimana kualitas informasi pada Website Beauty Journal By Sociolla (Journal.Sociolla.Com) memengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi. Seperti teori yang dikemukakan Naomi Wolf tentang mitos kecantikan, adanya pengaruh dari media tentang gambaran kecantikna. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kualitas informasi pada website beauty journal by sociolla (journal.sociolla.com) dengan pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan pada mahasiswi fakultas ilmu komunikasi. Kualitas informasi diukur dengan menggunakan teori dari John Burch dan Gary yang terdiri dari akurat, relevansi, dan ketepatan waktu informasi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Kategori responden pada penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi yang mengunjungi dan menggunakan website Journal.Sociolla.com, jumlahnya adalah 81 orang. Responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan adalah hubungan yang signifikan antara keakuratan, relevansi, dan ketepatan waktu pada website Journal.Sociolla.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa.Item Hubungan Kualitas Layanan Digital dengan Citra Kepustakaan PDDI Bandung LIPI(2021-10-06) DELLA REGITA; Agus Rusmana; KusnandarLayanan digital Kepustakaan PDDI Bandung LIPI merupakan layanan berbasis digital yang memiliki fungsi sebagai wadah atau media dalam memberikan koleksi dan informasi dalam bentuk digital. Layanan digital merupakan inovasi yang dilakukan pustakawan karena adanya pandemi covid-19 yang mengubah sebagian besar kegiatan dan aktifitasnya menjadi digital dan virtual. Adanya layanan digital ini diharapkan memudahkan peneliti dalam mencari dan mengakses informasi di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan digital yang memiliki sub variabel efisiensi, pemenuhan kebutuhan, ketersediaan sistem, dan keamanan dengan variabel citra Kepustakaan PDDI Bandung LIPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini merupakan peneliti LIPI Bandung yang pernah menggunakan layanan digital paling sedikit tiga kali yaitu berjumlah 60 orang, dengan menggunakan sampel bersyarat (purposive). Teori yang digunakan adalah teori Electronic Service Quality dari Parasuraman, Zeithaml, dan Malhotra (2005) dan teori pembentukan citra dari Soemirat dan Ardianto (2010). Penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian memberikan sebuah gambaran bahwa variabel kualitas layanan digital memiliki hubungan yang signifikan dengan citra Kepustakaan PDDI Bandung LIPI. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan digital mampu untuk memberikan kualitas terhadap layanan yang diberikan, sehingga memberikan dampak terhadap citra Kepustakaan PDDI Bandung LIPI yang positif. Hal ini disebabkan karena layanan digital mampu untuk memenuhi indikasi bahwa sebuah layanan digital disebut berkualitas dengan meliputi efisiensi, pemenuhan kebutuhan, ketersediaan sistem, dan keamanan.Item HUBUNGAN PENERAPAN FUNGSI REKREASI PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA Studi Korelasi Mengenai Penerapan Fungsi Rekreasi Perpustakaan Dengan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan SMAN 3 Cim(2021-10-04) AHMAD YUSUF TAUFIK G; Agus Rusmana; Samson CMSPenelitian ini membahas tentang Hubungan Penerapam Fungsi Rekreasi Perpustakaan dengan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan SMAN 3 Cimahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan penerapan fungsi rekreasi perpustakaan dengan minat kunjung pemustaka di perpustakan SMAN 3 Cimahi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kunatitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Responden dalam penelitian ini adalah Siswa/I SMAN 3 Cimahi sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pnerapam fungsi rekreasi perpustakaan dengan minat kunjung pemustaka di perpustakaan SMAN 3 Cimahi.Item Hubungan Perilaku Pencarian Informasi Pada YouTube Channel Healthy Vlogger Dengan Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19.(2022-05-26) HARIYANTI; Agus Rusmana; Pawit M. YusupPenelitian ini membahas tentang hubungan antara perilaku pencarian informasi pada YouTube Channel Healthy Vlogger dengan gaya hidup sehat mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran di masa pandemi covid-19. Dengan tujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan perilaku pencarian informasi pada YouTube Channel Healthy Vlogger dengan gaya hidup sehat di masa pandemi covid-19 melalui delapan tahapan perilaku pencarian informasi oleh Ellis (1997) yakni starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying dan ending. Metode yang digunakan adalah studi korelasi, dengan jumlah populasi 2.805 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dan menghasilkan sampel sebanyak 97 orang. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan SPSS 24 for Window. Adapun hasil dari penelitian menunjukan bahwa perilaku pencarian informasi pada YouTube Channel Healthy Vlogger memiliki hubungan positif yang kuat dengan gaya hidup sehat di masa pandemi covid-19.Item Hubungan Terpaan Informasi Instagram @ibunda.id Dengan Sikap Memelihara Kesehatan Mental Followers(2023-05-09) SHALSA DWI AZZAHRA; Rully Khairul Anwar; Agus RusmanaPenelitian ini mengenai terpaan informasi Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas, isi pesan/informasi, dan daya tarik pada akun Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers-nya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori terpaan informasi dan teori sikap memelihara kesehatan mental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket, observasi pada kegiatan atau interaksi pada akun Instagram @ibunda.id, dan studi kepustakaan. Penyebaran angket dilakukan melalui jaringan online dengan media Google Form kepada followers aktif akun Instagram @ibunda.id. Adapun populasi dari penelitian ini adalah followers aktif yang memenuhi ketentuan kriteria penelitian, diketahui populasi yang dapat memenuhi kriteria dan akan menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara terpaan informasi akun Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers. Terdapat hubungan yang rendah tapi pasti antara intensitas terpaan informasi dengan sikap memelihara kesehatan mental followers. Terdapat hubungan yang cukup pasti antara kualitas isi pesan/informasi pada Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers. Lalu, terdapat hubungan yang cukup pasti antara daya tarik pada akun Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers.Item Kegiatan Mendongeng Oleh Kang Idon Dalam Menumbuhkan Ketertarikan Anak-Anak Pada Cerita(2024-01-09) GILANG YUDHA KUSUMA; Rizki Nurislaminingsih; Agus RusmanaPenelitian ini membahas mengenai kegiatan mendongeng oleh Kang Idon yang dilakukan di Perpustakaan Hayu Maca Kota Cimahi dalam menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita. Berbagai macam tipe, karakter dan gaya belajar anak dapat menimbulkan munculnya masalah dalam proses mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai proses kegiatan mendongeng dan nilai-nilai yang ditanamkan serta mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam proses kegiatan mendongeng di Perpustakaan Hayu Maca Kota Cimahi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan proses atau tahapan kegiatan mendongeng oleh Kang Idon dalam menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita, terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan mendongeng, proses kegiatan mendongeng yang dilakukan kurang berjalan lancar karena adanya berbagai kendala yang muncul yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman orang-orang tentang pentingya kegiatan mendongeng ini diadakan sehingga Perpustakaan perlu melakukan pendekatan atau sosialisasi dengan masyarakat sekitar.Item KOMUNIKASI ORGANISASI DI BADAN PENYELANGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG BOGOR Studi Kasus Mengenai Komunikasi Organisasi di Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bogo(2021-03-01) RISNA HARYANTI; Agus Rusmana; RohandaPenelitian ini membahas tentang komunikasi organisasi di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bogor berdasarkan alur informasi yang terdiri dari sifat aliran informasi; pola aliran informasi; dan arah aliran informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan mengenai komunikasi organisasi yang dapat membentuk pegawai dalam kinerja yang baik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pedoman dari buku Sugiyono (2018). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Adapun yang menjadi informan adalah pegawai bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pegawai di kantor BPJS Kesehatan Cabang Bogor dalam menjalankan efektivitas kerjanya secara hierarki, dengan melakukan penyampaian informasi secara serentak dan berurutan atau kombinasi, dan memberikan arahan komunikasi baik dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya hingga sesama pegawai dengan regulasi yang jelas. Kesimpulan dari penelitian ini BPJS Kesehatan dalam menyampaikan informasi secara serentak dan berurutan; pola komunikasi yang terlihat berpola Y; dan terdapat empat arah aliran informasi di kantor BPJS Kesehatan selama menjalankan koordinasi pelaksanaann kerja berlangsung. Empat arah aliran informasi itu, yaitu: komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horizontal, dan komunikasi lintas saluran.Item KUALITAS LAYANAN APLIKASI POSPAY DARI PT. POS INDONESIA (PERSERO) UNTUK PELANGGAN KOTA BANDUNG(2023-01-27) TIFFANY ANASTASIA SALSABILLA; Encang Saepudin; Agus RusmanaDalam memenuhi kepuasan pelanggan tentunya perusahaan dituntut untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat diukur dari bagaimana mereka dapat menikmati layanan dengan semaksimal mungkin, pelayanan yang cepat dan mudah digunakan. Dalam hal ini tentu saja setiap dari mereka memiliki persepsi dan penilaian juga tingkat kepuasan yang berbeda-beda terhadap layanan yang diberikan penyedia jasa, dalam hal ini ialah pada aplikasi Pos Pay. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode service quality menurut Parasuraman yakni alat melakukan identifikasi atas tingkat atau level dari kualitas layanan suatu industri yang terdiri atas lima dimensi yakni bukti fisik (tangible), kendala (reliability), dan daya tanggap (responsiveness) jaminan (assurance), dan empati (empathy). Pengukurannya skor ServQual mencakup perhitungan perbedaan antara nilai dari pelanggan atas seluruh pernyataan yang berkaitan dengan harapan dan persepsi, Skor Persepsi – Skor Harapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan penyebaran kuisioner, observasi, studi pustaka dan wawancara. Populasi dan sampel pada penelitian ini ialah pelanggan yang menggunakan aplikasi PosPay di wilayah Kota Bandung, yang berjumlah 55 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya kualitas layanan pada aplikasi PosPay PT Pos Indonesia dengan pengukuran ServQual lima dimensi menghasilkan skor negatif yakni dimensi tangibles (bukti fisik atau bukti langsung) sebesar -0.1, dimensi reliability (kehandalan) sebesar -0.13, dimensi responsiveness (daya tanggap) sebesar -0.13, dimensi assurance (jaminan) sebesar -0.11, dan dimensi empathy (empati) sebesar -0.08, yang keseluruhannya masih perlu diperbaiki, hal ini dapat dilihat dari gap yang ditemukan antara pengurangan skor persepsi dan harapan.Item Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar(2022-10-03) SINTA YULIA; Encang Saepudin; Agus RusmanaABSTRAK Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) merupakan layanan yang dibentuk oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara online. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan gambaran mengenai faktor-faktor atau komponen yang menyebabkan adanya keterlambatan pada Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan temuan baru terkait faktor sebenarnya yang menyebabkan adanya keterlambatan diantaranya yaitu, ketiadaan SOP, kurangnya kerjasama antara super admin dan admin penghubung, dan akses website Sp4n-Lapor! yang lambat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Keterlambatan, Sp4n-Lapor!.Item PEMANFAATAN LAYANAN MULTIMEDIA DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA(2022-03-24) JOSHUA ELVANUS YURIKHO; Agus Rusmana; Rully Khairul AnwarLayanan multimedia merupakan layanan yang secara langsung berhubungan dengan teknologi informasi, dimana informasi yang disajikan berbentuk dokumen hidup, dapat dilihat di layar monitor yang dapat didengar suaranya dan dapat dilihat geraknya, mudah dimengerti, menarik dan jelas karena sebanyak mungkin indera, terutama mata dan telinga digunakan untuk menyerap informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan layanan multimedia di Perpustakaan Nasional. Pemanfaatan layanan multimedia diukur menggunakan tujuan pemanfaatan, cara pemanfaatan, dan waktu pemanfaatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana penelitian menekankan analisis pada data - data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika yang akan mengukur bobot penilaian tiap variabel sehingga dapat menentukan tingkat pemanfaatan terhadap layanan multimedia di Perpustakaan Nasional. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah rata-rata pengunjung layanan multimedia lantai 19 yang didasarkan pada jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan pada tanggal 21-23 Juni 2021 dimana sedang diberlakukannya protokol COVID-19 dengan jumlah pengunjung sebanyal 45 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan layanan multimedia di Perpustakaan Nasional paling banyak dilakukan untuk tujuan rekreasi, diikuti untuk menambah ilmu/pengetahuan dan paling sedikit digunakan untuk mengerjakan tugas/riset. Selain itu, pemanfaatan layanan multimedia di Perpustakaan Nasional paling banyak menggunakan situs hiburan (seperti Joox, YouTube, Naver dan sebagainya) sebagai platform untuk memanfaatkan layanan multimedia, menggunakan keyword sebagai cara penelusuran informasi dalam menanfaatkan layanan multimedia, paling banyak menggunakan hasil penelusuran yang didapat melalui pemanfaatan layanan multimedia untuk dibaca, serta menyatakan bahwa seluruh pemustaka dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan di layanan multimedia Perpustakaan Nasional. Sebagian besar pemustaka memanfaatkan layanan multimedia di Perpustakaan Nasional selama 2-4 jam.Item Pembuatan SOP Penyimpanan Data di PT. Karya Dua Anyam (Studi Action Research tentang Pembuatan SOP Penyimpanan Data di PT. Karya Dua Anyam)(2023-09-17) PUTIH RANA AGHNIA; Agus Rusmana; Asep Saeful RohmanPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pembuatan SOP Penyimpanan Data di PT. Karya Dua Anyam bagian dari SOP Data Management sebagai upaya untuk memudahkan temu kembali data di PT. Karya Dua Anyam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode action research dengan produk akhir yang dihasilkan berupa SOP Penyimpanan Data yang memenuhi kriteria lengkap, jelas dan mudah dimengerti, serta layak-terap melalui tahapan action research yang terdiri atas penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Dalam membuat SOP Penyimpanan Data ada tujuh tahap yang dilakukan, terdiri atas identifikasi kebutuhan, pengumpulan data, analisis sistem, penyusunan SOP, sosialisasi, serta monitoring dan evaluasi penggunaan SOP yang telah dirancang. Melalui tahapan tersebut peneliti berhasil membuat SOP Penyimpanan Data untuk PT. Karya Dua Anyam yang terdiri atas unsur heading, tujuan, dasar hukum, ruang lingkup dan pihak yang terlibat, proses naratif, proses berformat diagram alir, dan unsur lampiran. SOP Penyimpanan Data tersebut kemudian diujikan kepada anggota keluarga PT. Karya Dua Anyam menggunakan angket dan mendapatkan hasil yang memenuhi ketiga kriteria yang diujikan, yaitu; lengkap, jelas dan mudah dimengerti, dan layak terap.Item Penerapan Fitur Q&A untuk Meningkatkan Interaktivitas Users dengan Pengelola(2023-04-10) SILKVI KHEIR RAHMA; Kusnandar; Agus RusmanaPenelitian ini membahas mengenai penerapan fitur Q&A untuk meningkatkan interaktivitas users dengan pengelola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penerapan fitur Q&A dengan merancang visual antarmuka dan konten prototype fitur Q&A sebagai bentuk pengembangan Aplikasi Candil yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Action Research dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran angket pengujian prototype, dan studi dokumentasi. Melalui serangkaian tahapan Action Research (diagnosis, action planning, action taking, evaluation, dan reflection), penelitian ini menghasilkan rancangan fitur Q&A pada Aplikasi Candil. Hasil pengujian prototype menunjukkan bahwa rancangan visual antarmuka fitur Q&A sudah baik. Rancangan visual antarmuka fitur Q&A yang dihasilkan meliputi: tata letak, warna dan betuk dari tombol serta desain visual berupa ukuran, bentuk, tipe font dan warna latar. Selain itu, rancangan konten prototype fitur Q&A juga sudah dianggap baik. Rancangan konten fitur Q&A yang dihasilkan meliputi layanan sirkulasi dan layanan referensi yang sudah memenuhi kebutuhan kualitas informasi yang sudah relevan, akurat,dan lengkap.Item PERILAKU PENCARIAN INFORMASI LOWONGAN KERJA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Kasus Di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Jawa Barat)(2022-04-25) DEDE RIZWAN; Pawit M. Yusup; Agus RusmanaPenelitian ini membahas perilaku pencarian informasi lowongan kerja di media sosial facebook, oleh masyarakat Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur. Tujuannya untuk mengetahui 6 tahapan perilaku pencarian informasi lowongan kerja pada media sosial di facebook. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Menggunakan model yang dikemukakan oleh Kulthau tahun (2007) diantaranya tahap inisiasi/kegiatan awal, tahap kegiatan pemilihan/seleksi topik, tahap kegiatan penelusuran/penjelajahan, tahap formulasi/meyakinkan diri, tahap pengumpulan koleksi informasi, dan tahap penyajian. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 informan di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang menggunakan facebook sebagai media pencari informasi lowongan kerja. Hasil penelitian ini yaitu informan melewati 6 tahapan perilaku pencarian informasi dengan tahap kegiatan inisiasi/awal seperti menggunakan kata kunci, mencari kelompok informasi, dan melihat unggahan orang lain. Tahap pemilihan/seleksi topik berdasarkan memeriksa kesesuaian informasi loker dengan kemampuannya sendiri, menyesuaikan informasi loker dengan lokasi yang strategis, dan komentar pencari kerja yang lain, serta melihat besaran gaji yang diterima. Tahap penelusuran menggunakan teknologi seperti hp dan laptop, selain itu penjelajahan dilakukan dengan menghubungi kontak yang tersedia, bertanya kepada teman, menelusur profil perusahaannya. Tahap formulasi/meyakinkan diri dengan melihat komentar di unggahan, bertanya kepada teman, dan menghubungi kontak tersedia. Dan tahap penyajian dilakukan dengan melamar pekerjaan melalui link yang tersedia, pengiriman file/dokumen lamaran menggunakan Pos Indonesia, serta membagikan kembali informasi loker dengan mengunggahnya di facebook.