S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Author "ANDI NURUL KHASANAH B.P.I"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item : Status dan Tekanan Layanan Ekosistem Waduk Jatigede dari Perspektif Provisioning Services Pada(2023-03-28) ANDI NURUL KHASANAH B.P.I; Sunardi; ZahidahLayanan ekosistem merupakan manfaat yang diperoleh manusia melalui ekosistem, layanan penyedia merupakan salah satu bentuk dari layanan ekosistem, layanan ini berupa sumber makanan, penyediaan air bersih, penyediaan serat, penyediaan bahan bakar dan bahan dasar, materi genetik, menyediakan bahan obat dan biokimia, dan spesies hias. Waduk Jatigede menyediakan layanan ekosistem berupa organisme perairan sebagai bahan pangan untuk masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar dan terdampak di Waduk Jatigede sangat bergantung pada hasil dan manfaat yang diberikan oleh ekosistem ini khususnya pada sektor perikanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan status layanan penyedia pada sektor perikanan, mengelaborasi tekanan antropogenik yang dapat mempengaruhi status layanan penyedia serta strategi untuk menjaga dan memperbaiki status layanan penyedia pada sektor perikanan. Penelitian ini dilakukan di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang pada bulan Februari-Desember 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi Pustaka, observasi, uji lab, wawancara, dokumentasi, expert judgement dan focus group discussion (FGD). Analisis data yang digunakan yakni analisis kualitatif, analisis status mutu air (metode storet), analisis penentuan status layanan penyedia perikanan dan analisis DPSIR untuk merumuskan strategi menjaga dan memperbaiki status layanan penyedia. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yakni, status layanan penyedia perikanan sebesar 2,2 atau status sedang/moderat (transisi antara baik dan buruk). Tekanan antropogenik yang didapatkan berupa limbah sisa dari budidaya ikan keramba jaring apung (KJA), sampah kiriman dari sungai-sungai yang masuk ke Waduk Jatigede, limbah sisa minyak dan oli perahu, dan limbah domestik berupa sisa metabolisme (urine dan feses) dan sisa minyak masakan dan sisa sabun masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di perairan. Strategi untuk menjaga dan memperbaiki status layanan penyedia pada sektor perikanan diambil dari respons/tanggapan berbagai pihak terkait pemicu (drive), tekanan (pressure), status (state) dan dampak (impact), yang mana tanggapan atau solusi tersebut menjabarkan strategi untuk menjaga dan memperbaiki status layanan penyedia perikanan secara kompleks. Kata Kunci: Layanan Ekosistem, Layanan Penyedia, Perikanan, Waduk Jatigede