Browsing by Author "AISYAH FARAH AMANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Penggunaan Gawai pada Pondok Pesantren Modern ((Studi Etnografi Penggunaan Gawai Siswa Insan Cendekia Madani Boarding School Development, Kota Tangerang Selatan)(2017-10-24) AISYAH FARAH AMANI; R. Bambang Soediadi Adi Purwanto; Ade Makmur KPerkembangan dunia pendidikan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini tidak lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Kemunculan Boarding School sebagai salah satu alternatif pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tapi juga pengembangan karakter, merupakan salah satu contoh perkembangan dunia pendidikan. Insan Cendekia Madani merupakan Boarding School berbasis agama Islam yang menerapkan sistem sekolah digital. Hal ini menimbulkan kontradiksi dimana penggunaan gadget tentu tidak bisa dimonitori setiap saat, sementara Insan Cendekia Madani merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan karakter islam yang ketat mirip seperti dengan Pondok Pesantren. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan bagaimana penggunaan gawai memiliki keterkaitan dengan beberapa sistem yang ada dalam kehidupan para siswa asrama dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, teknik observasi dan wawancara yang mendalam dengan siswa kelas 11 pada tahun 2017 dan pihak sekolah serta menejemen sebagai metode pengumpulan data.