Browsing by Author "ALMAY RAYHAN ARRAFI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item E-Learning dalam Pembelajaran Praktik pada Mahasiswa Keperawatan: Capaian Pembelajaran(2021-09-28) ALMAY RAYHAN ARRAFI; Aan Nur'aeni; Francisca Sri SusilaningsihPandemi Covid 19 dan revolusi industri 4.0 menjadikan pendidikan keperawatan harus dilakukan dengan e-learning pada pembelajaran praktikum. Pembelajaran praktikum secara e-learning pada masa pandemi mengalami kesulitan dalam menghasilkan capaian pembelajaran baik pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penggunaan e-learning akan menjadi arah pengembangan pembelajaran pada masa yang akan datang. Maka dari itu diperlukannya studi literatur sebagai gambaran pelaksanaan pembelajaran praktik dengan e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah menelusuri pelaksanaan pembelajaran praktik dengan e-learning dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran mahasiswa keperawatan. Studi literatur ini menggunakan metode scoping review dengan mengulas artikel yang berasal dari database seperti CINAHL, ProQuest, Science Direct, PubMed, dan search engine Google scholar. Kata kunci yang digunakan yaitu “nursing student” AND “e-learning” OR “distance learning” OR “nursing education” AND “clinical competency” OR “learning objective” OR “pandemic” OR “pandemic Covid19”. Artikel hasil penelusuran artikel dilakukan penyeleksian dengan tahapan Prisma Flowchart berdasarkan beberapa kriteria seperti artikel Bahasa inggris, ketersediaan full text, artikel terbitan 10 tahun terakhir, dan artikel yang membahas tentang elearning dalam pembelajaran praktik untuk menentukan artikel yang layak untuk dilakukan studi. Analisis artikel dilakukan dengan analisis tematik yang disajikan secara naratif. Berdasarkan hasil penyeleksian artikel ditemukan 5.776 artikel yang sesuai dengan kata kunci dan tanpa duplikasi, 2.472 artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi, kemudian 13 artikel yang masuk kedalam tahap analisis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa metode e-learning diterapkan dalam pembelajaran sebagai pembelajaran pendukung menunjukan tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencapai hasil pembelajaran dibandingkan sebagai pembelajaran utama. Platform pembelajaran praktik secara e-learning dapat menggunakan teknologi berupa website dan aplikasi. Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa video, simulasi virtual, emulator, slideshare, gambar, dan kuis. Secara keseluruhan pembelajaran praktik keperawatan secara e-learning menunjukan capaian pembelajaran yang memuaskan pada aspek pengetahuan, keterampilan, kepercayaan diri dalam tindakan, dan efikasi diri mahasiswa. Saran bagi institusi pendidikan keperawatan adalah menerapkan dan mengevaluasi strategi pembelajaran e-learning dalam pembelajaran praktik keperawatan antara lain kombinasi metode pembelajaran, platform pembelajaran yang mudah, konten yang interaktif, penyediaan feedback, penerapan self-directed learning approaches, dan dukungan dalam pengembangan strategi belajar mandiri sehingga pembelajaran praktik dapat mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.