Browsing by Author "ANNISA NURSALSABILLAH"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Komunikasi Strategis Dompet Dhuafa Pasca Kasus Penyalahgunaan Dana Umat oleh Oknum Filantropi(2023-08-29) ANNISA NURSALSABILLAH; Yanti Setianti; Atwar BajariPenelitian ini berjudul “Komunikasi Strategis Dompet Dhuafa Pasca Kasus Penyalahgunaan Dana Umat oleh Oknum Filantropi (Studi Kasus Mengenai Pemaknaan Stakeholder Terhadap Aktivitas Filantropi Dompet Dhuafa Jakarta di Tengah Kasus Penyelewengan Dana Publik)”. Kasus oknum ACT menimbulkan efek domino untuk filantropi lain sehingga membuat masyarakat khawatir. Di tengah kondisi tersebut, Dompet Dhuafa justru berhasil mempertahankan, bahkan meningkatkan kepercayaan stakeholder untuk tetap menjalin kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang cara stakeholder memaknai aktivitas fundraising Dompet Dhuafa di tengah kasus ACT, mengetahui indikator apa yang mampu membuat pendekatan komunikasi strategis Dompet Dhuafa mendorong para stakeholder untuk tetap percaya kepada Dompet Dhuafa, serta memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah pendekatan komunikasi strategis yang dijalankan Dompet Dhuafa pasca kasus oknum ACT. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dengan pendekatan konsep komunikasi strategis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa berhasil menangani terpaan isu eksternal melalui pendekatan komunikasi strategisnya, meliputi analisis masalah, membingkai dan mendasain pesan sesuai karakteristik donatur, strategi pendekatan media, perencanaan program stakeholder management, serta induksi value di seluruh tatanan organisasi. Melalui bentuk komunikasi strategis tersebut, Dompet Dhuafa juga berhasil mengkonstruksi para stakeholder untuk bertindak secara rasional, dimana tindakan sosial tersebut diputuskan oleh para stakeholder berdasarkan pemaknaan mereka terhadap Dompet Dhuafa. Sehingga meskipun terpaan isu eksternal cukup kuat, para stakeholder tetap loyal dan percaya dengan kinerja Dompet Dhuafa.Item Penulisan Naskah Video Feature One Man`s Trash is Another Man`s Treasure(2020-11-18) ANNISA NURSALSABILLAH; Kokom Komariah; Teddy Kurnia WirakusumahSetiap hari, sampah tidak pernah berhenti diproduksi oleh manusia. Sampah yang dibuang terus-menerus, lambat laun akan menimbulkan penumpukan sampah dan menyebabkan pencemaran. Padahal sampah memiliki nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan di dalamnya. Karya produksi video dengan judul “One Man’s Trash is Another Man’s Treasure”, memiliki rumusan masalah bagaimana merepresentasikan video mengenai pemanfaatan sampah yang dapat memberikan keuntungan. Tujuannya untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sampah. Karya produksi video ini menyajikan testimoni-testimoni dari beberapa narasumber yang berperan sebagai pelaku pemanfaatan sampah. Sumber data yang digunakan yaitu hasil riset pustaka dan pencarian footage dari beberapa channel untuk kegunaan visual, serta wawancara narasumber secara online. Bahan-bahan tersebut kemudian disatukan dan disusun menjadi sebuah video feature serta ditambahkan voice over. Teori yang digunakan untuk membahas pemanfaatan sampah ini ialah konsep zero waste dan circular economy. Kegiatan pemanfaatan sampah yang dilakukan oleh para narasumber sesuai dengan konsep zero waste dan circular economy. Mereka melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah lalu dimanfaatkan dengan cara daur ulang, pemakaian kembali hingga menghasilkan nilai ekonomi dari pengelolaan sampah yang tepat. Beberapa dari mereka juga menerapkan circular economy dengan membuat sebuah bisnis yang bermodalkan sampah dengan mempertahankan nilai produknya agar dapat digunakan berulang kali tanpa menjadi sampah. Semuanya bertujuan untuk menerapkan lingkungan yang bebas sampah (zero waste) sekaligus meningkatkan perekonomian (circular economy).