Browsing by Author "ASNA AMALIA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Gambaran Tingkat Kecerdasan Emosional pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama Pandemi Covid-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran(2022-10-11) ASNA AMALIA; Iceu Amira DA; Adelse Prima MulyaMahasiswa pada tahun pertama dituntut untuk menangani konflik yang dihadapi di perguruan tinggi dan harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama masa transisi. Fenomena pandemi covid-19 menambah masalah pada mahasiswa tahun pertama akibat berbagai kendala selama pembelajaran daring. Kecerdasan emosional membuat mahasiswa tahun pertama dapat beradaptasi dengan baik dan mampu menghadapi masalah selama masa transisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tingkat kecerdasan emosional mahasiswa tahun pertama selama pandemi covid-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling dan mendapatkan response rate sebesar 96% sehingga sampel pada penelitian ini adalah 195 mahasiswa tahun pertama di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan instrumen TEIQue-SF versi bahasa Indonesia dengan validitas berkisar antara 0,367-0,649 dan reliabilitas 0,781. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa tahun pertama selama pandemi covid-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran sebagian besar berada pada kategori rendah (53,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan emosional mahasiswa tahun pertama selama pandemi covid-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran masih perlu ditingkatkan karena sebagian besar berada pada kategori rendah. Diharapkan kecerdasan emosional mahasiswa dapat ditingkatkan dengan pendidikan atau pelatihan kecerdasan emosional sehingga mahasiswa dapat menghadapi masa transisi dengan baik.