Browsing by Author "BUDI SETIAWAN"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item OPTIMALISASI PAJAK DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KAPASITAS PAJAK DAN UPAYA PAJAK DI KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2004-2015(2017-04-11) BUDI SETIAWAN; Bagdja Muljarijadi; Adhitya WardhanaPenelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kapasitas pajak (Tax Capacity), upaya pajak (Tax Effort) dan mengetahui kondisi optimal dari pajak daerah per jenis pajak daerah di Kabupaten Kebumen dari tahun 2004-2015. Penelitian ini juga memetakan kondisi pajak daerah dengan mengkombinasikan antara kapasitas pajak dan upaya pajak di Kabupaten Kebumen ke dalam empat kuadran. Perhitungan kapasitas pajak menggunakan model utama Lotz dan Morrs (1970) dengan melihat pengaruh pendapatan perkapita serta variabel kontrol sesuai dengan karakteristik pajak daerah. Upaya pajak dihitung dengan membandingkan antara pajak aktual dengan pajak estimasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Model analisis kuantitatif yang digunakan adalah model analisis ekonometrika dengan menggunakan data seri tahun 2004-2015. Secara spesifik penelitian ini menggunakan model One Least Square (OLS), sedangkan untuk menjelaskan hubungan antara variabel dalam penelitian digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PDRB perkapita dan kontribusi sektor perdagangan terhadap PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapasitas pajak-pajak daerah. Selain itu, pertumbuhan penduduk dan kontribusi sektoral seperti sektor jasa, sektor konstruksi, sektor industri, dan sektor keuangan juga menjadi determinan kapasitas pajak daerah. Beberapa variabel kontrol sesuai karakteristik jenis pajak daerah seperti populasi, kepadatan, banyaknya industri, konsumsi listrik, jumlah usaha bidang mineral dan tingkat hunian kamar hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapasitas pajak-pajak daerah.Item Pengaruh Store Atmosphere Dan Emotional Response Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survey Pada Pengunjung Circle-K Tamansari Bandung)(2014-11-12) BUDI SETIAWAN; Dwi Kartini; Diana SariMinimarket memiliki tingkat pertumbuhan besar di kota Bandung. Dari 4 minimarket yang pertumbuhannya terbesar, Circle K merupakan jenis minimarket yang paling sedikit laju pertumbuhannya, untuk treding area Bandung wetan, 3 minimarket mengalami pertumbuhan, dan hanya Circle K yang mengalami penurunan. Circle K Tamansari Bandung berhadapan dengan persaingan terbuka, dimana pertumbuhan minimarket moderen meningkat disekitar Circle K tamansari Bandung, dengan mengadopsi konsep yang menyamai Circle K Tamansari Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap besaran pengaruh Store Atmosphere dan Emotional Response terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun parsial. Jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil pengolahan data menunjukan besaran Store Atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian 69% menunjukan korelasi yang kuat. Besaran Emotional Response mempengahuhi keputusan pembelian 43% menunjukan korelasi sedang. Besaran Store Atmosphere dan Emotional Response mempengaruhi keputusan pembelian 68,9% yang artinya berpengaruh kuat. Setelah penelitian ini, direkomendasikan agar melakukan inovasi dari variabel yang berpengaruh kuat.Item PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA KONVEKSI RNR PERIODE SEPTEMBER 2013(2015-06-15) BUDI SETIAWAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPenelitian ini adalah untuk menyusun komponen biaya yang diserap dari perhitungan harga pokok produksi . Hal ini dikarenakan perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh Konfeksi RnR masih belum tepat dan akurat sehingga dapat mempengaruhi perhitungan harga pokok penjualan. Penelitian ini dilaksanakan disebuah UMKM Konfeksi RnR yang berada di Komplek Bumi Asri Jalan Mekar 3 Blok-D No.101 RT 07 RW 12 C Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu yang berisi mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam mengidentifikasi data, mengumpulkan data, mengolah data, dan menyusun ikhtisar hasil penelitian dan rekomendasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara dan observasi, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan cara menyusun, mengklasifikasi, dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur biaya yang diserap dalam perhitungan harga pokok produksi adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Sedangkan metode penelitian pengumpulan harga pokok produksi yang digunakan adalah metode harga pokok berdasarkan pesanan. Hal ini dikarenakan karena dalam kegiatan usahanya Konfeksi RnR memproduksi berbagai macam produk sesuai dengan barang yang dipesan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan harga pokok produksi adalah dengan menggunakan metode full costing, yakni suatu metode dalam penentuan harga pokok suatu produk dengan memperhitungkan semua biaya produksi, seperti biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel dan biaya overhead pabrik tetap. Harga pokok produksi September 2013 adalah Rp. 9.766.107,00 untuk T-Shirt dan Rp. 5.461.819,00 untuk Sweater. Kata Kunci: Akuntansi Biaya, Harga Pokok Produksi.