Browsing by Author "DEA AGISTIANI"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item GAMBARAN KEJADIAN ANEMIA SERTA FAKTOR PREDISPOSISI ANEMIA PADA REMAJA PUTRI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2012(2009) DEA AGISTIANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Remaja putri merupakan kelompok rawan menderita anemia. Di Indonesia prevalensi anemia pada remaja putri yaitu 28%. Data Survei Kesehatan Rumah Tangga menyatakan prevalensi anemia gizi pada remaja putri usia (10-18 tahun) 57,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian anemia serta faktor predisposisi anemia pada remaja putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampel dengan jumlah sampel 31 orang, data primer diperoleh dengan observasi langsung pemeriksaan kadar Hb menggunakan Hb digital, pengukuran antropometri IMT, serta wawancara menggunakan kuesioner dan recall 2x24 jam, kemudian data dianalisis secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan 25,6% remaja putri kelas XI SMA Negeri 1 Pangalengan Kabupaten Bandung mengalami anemia, 67,7% remaja putri yang anemia memiliki pengetahuan cukup mengenai gizi dan anemia, 100% remaja putri yang anemia mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dalam makanan sehari-hari, 61,3% remaja putri yang anemia memiliki status gizi normal, dan 64,5% remaja putri yang anemia tidak mengalami infeksi. Simpulan penelitian ini adalah adanya remaja putri yang mengalami anemia walaupun sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup mengenai gizi dan anemia, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, memiliki status gizi normal, dan tidak mengalami infeksi. Kata Kunci : Anemia, remaja putriItem Hubungan Suasana Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Angkatan VIII Diploma III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran(2013-07-26) DEA AGISTIANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Suasana akademik merupakan salah satu komponen yang akan memberi pengaruh signifikan dalam menghasilkan kualitas lulusan dan merupakan salah satu komponen penjamin mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan komponen-komponen suasana akademik dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik dengan pendekatan potong silang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 64 orang, data primer diperoleh dengan pemberian kuesioner dan data sekunder diperoleh dengan melihat dokumen nilai Indeks Prestasi, kemudian data dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan 47% mahasiswa memiliki nilai Indeks Prestasi B+, interaksi dosen dengan mahasiswa di dalam kelas 98% baik, sarana prasarana pembelajaran 50% baik dan 50% cukup. Berdasarkan hasil uji korelasi, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara interaksi dosen dengan mahasiswa di dalam kelas dengan prestasi belajar (r=0,112, p=0,382) dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sarana prasarana pembelajaran dengan prestasi belajar (r=0,060, p=0,638). Simpulan penelitian ini adalah tidak adanya hubungan yang bermakna antara komponen-komponen pendukung suasana akademik dengan prestasi belajar. Disarankan kepada tempat penelitian untuk mempertahankan dan terus meningkatkan komponen-komponen suasana akademik menjadi lebih baik. Kata Kunci : Suasana akademik, indeks prestasi