Browsing by Author "DESTYANA WULANDARI AZANA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Ekpektasi Lansia terhadap pelayanan di Posbindu(2019-10-26) DESTYANA WULANDARI AZANA; Didah; Sharon GondodiputroPendahuluan: Banyak faktor yang memengaruhi cakupan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Salah satu faktor yang perlu dieksplorasi adalah ekspektasi lansia. Bila ekspektasi sesuai dengan kenyataan akan membuat lansia tersebut puas dan mereka akan secara rutin datang ke Posbindu. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi ekspektasi lansia terhadap pelayanan di Posbindu. Metode: Penelitian kualitatif fenomenologi dilakukan terhadap 8 orang informan lansia yang berasal dari 7 posbindu (7 puskesmas) yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan juli sampai dengan oktober 2018. Konsep yang dieksplorasi adalah struktur, proses, output. Pengumpulan data dilakukan dengan in dept interview. Data diolah dengan menggunakan coding dan kategorisasi Hasil : ekspektasi struktur meliputi 4 kategori aksesibiltas, sumber daya manusia fasilitas serta biaya. Proses meliputi 5 kategori : waktu pelayanan, perilaku dan komunikasi kader, perilaku dan komunikasi dokter/petugas kesehatan kepada lansia dan output meliputi kategori keinginan untuk sehat, penyakit terkontrol,dan mengetahui penyakit yang diderita Kesimpulan: Ekspektasi lansia dalam pelayanan di posbindu terbentuk dari 3 komponen yaitu input, proses dan output