Browsing by Author "ELISABETH P TAMBUNAN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Hubungan antara Pelatihan Program Pusat Layanan Internet Kecamatan PT Pos Indonesia dengan Kinerja Karyawan dalam mengoperasionalkan PLIK(2015-10-19) ELISABETH P TAMBUNAN; Evi Novianti; Hanny HafiarElisabeth Permata Sari Tambunan, 210110100396, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini berjudul “Hubungan Antara Pelatihan Program Pusat Layanan Internet Kecamatan PT Pos Indonesia dengan Kinerja Karyawan dalam mengoperasionalkan PLIK. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dr. Evi Novianti, M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pelatihan program Pusat Layanan Internet Kecamatan PT Pos Indonesia dengan kinerja karyawan dalam mengoperasionalkan PLIK. Penelitian ini diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk menempuh ujian sarjana Program S1 Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Teori yang digunakan adalah teori pengalaman (Experiental Theory) yang dikemukakan oleh R.Wayne Pace dan Don F. Faules Pace. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Sampel dari penelitian ini adalah 69 orang dari 106 peserta yang mengikuti pelatihan program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) PT Pos Indonesia yang dilaksanakan pada 23 Januari 2015 dan diambil dengan cara teknik sampling acak sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji koefisien korelasi Rank Spearman (Rs) dengan bantuan dari software khusus pengolahan data statistik, yaitu SPSS versi 20 for windows dan Microsoft Excel untuk mengetahui sejauh mana hubungan antar variabel. Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran angket, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan pelatihan program Pusat Layanan Internet Kecamatan dengan kinerja karyawan PT Pos Indonesia. Hubungan yang signifikan ini terjadi karena pelatihan memiliki pengaruh yang kuat dalam pembentukan kinerja seseorang. Dari hasil perhitungan data statistik berdasarkan jawaban responden dapat diketahui bahwa terjadi perubahan dalam diri karyawan sebelum dan setelah diadakannya pelatihan. Perubahan ini salah satunya adalah kinerja. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar komunikator menyelidiki kemampuan para peserta terlebih dahulu dengan melakukan pre-test melalui kuisioner ataupun melalui observasi lapangan secara langsung. Kemudian, pemanfaatan alat bantu presentasi harus ditingkatkan dengan menggunakan big screen presentasi serta penambahan video mengenai materi pelatihan. Terakhir, memaksimalkan kegiatan pelatihan dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan setelah diadakannya pelatihan dan mengadakan pelatihan lanjutan agar karyawan lebih terasah lagi kemampuannya dalam mengoperasionalkan program Pusat Layanan Internet Kecamatan. Kata kunci: Experiental Theory, Kinerja, Komunikasi Organisasi