Browsing by Author "FAHMI ADI GINANJAR"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Tingkat Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial Sebagai Variabel Moderasi(2015-02-13) FAHMI ADI GINANJAR; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang bergerak pada sektor pertanian, sektor pertambangan, dan sektor industri dasar dan kimia dan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (go public) selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2012. Objek dalam penelitian ini adalah profitabilitas (X1) sebagai variabel independen, tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial sebagai variabel moderasi (X2) dan nilai perusahaan (Y) sebagai variabel dependen. Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio ROA, tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial diukur dengan menggunakan CSRI (Corporate Social Responsibility Index) yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap laporan tahunan yang mengungkapkan laporan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan melalui metode content analysis dengan teknik indexing yes/no approach dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Tobin’s Q. Sumber data adalah data sekunder. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari ICMD (Indonesia Capital Market Directory) dan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di situs perusahaan tersebut pada tahun 2010-2012. Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan metode Moderated Regression Analysis, uji F dan uji t pada tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Dengan α sebesar 5% dapat disimpulkan Secara bersama-sama (simultan), Profitabilitas dan Tingkat Informasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari profitabilitas dan tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan dan tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial dalam penelitian ini tidak terbukti sebagai variabel moderasi antara hubungan profitabilitas dan nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, ROA, tingkat pengungkapan informasi tanggung jawab sosial, CSRI, nilai perusahaan, Tobin’s Q.