Browsing by Author "FITRIA ADIANTI PUTRI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia(2016-07-28) FITRIA ADIANTI PUTRI; Suwandi Sumartias; Diah Fatma SjoraidaFitria Adianti Putri, 210110120321, Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi �Proses Rebranding Mal Grand Indonesia oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia�, dengan pembimbing utama Dr. Suwandi Sumartias, M.Si dan pembimbing pendamping Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching Grand Indonesia oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di Grand Indonesia yang terletak di Menara BCA Lantai 37, Jalan MH. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grand Indonesia dalam melakukan proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, repositioning dengan perubahan target market dan konsep mal. Kedua, renaming perusahaan yang semula Grand Indonesia Shopping Town menjadi Grand Indonesia. Ketiga, redesigning elemen tangible dan visual lainnya, seperti logo, iklan, alat tulis kantor, merchandise, dan interior serta eksterior mal. Keempat, relaunching konsep dan brand baru berupa publikasi secara implisit kepada publik. Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan target market yang menjadi fokus rebranding direncanakan dengan matang dengan upaya pergantian tenant dan konsep mal. Pada tahap renaming dan redesigning yang berupa perubahan nama dan logo disesuaikan dengan baik berdasarkan konsep baru mal. Namun, tahap relaunching yang menjadi akhir dari proses rebranding belum optimal, dikarenakan masih banyak publik yang belum mengetahui proses rebranding Grand Indonesia tersebut. Saran pada penelitian ini adalah agar manajemen segera merampungkan pergantian tenant yang sesuai dengan target market baru, membenahi persepsi publik mengenai nama dan logo baru Grand Indonesia yang kerap masih salah, dan mengadakan tahap relaunching secara resmi agar publik mengetahui secara pasti mengenai proses rebranding yang dilakukan, serta dibutuhkan publikasi yang menarik dan konsisten agar mampu meningkatkan awareness publik terhadap perusahaan.