Browsing by Author "FRIEDMAN CARLYO MANALU"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA ALAM YANG BERKELANJUTAN DI SITU CILEUNCA, KABUPATEN BANDUNG(2017) FRIEDMAN CARLYO MANALU; Ute Lies Siti Khadijah; Tidak ada Data DosenPariwisata merupakan salah satu industri unggulan yang berekspansi dan dan mengalami diversifikasi berkelanjutan (Kemenpar, 2016), oleh sebab itu Situ Cileunca yang berada di wilayah Kabupaten Bandung, harus memiliki acuan dan strategi yang memaksimalkan produk wisatanya dengan sesusai prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Saat ini Situ Cileunca sebagai daya tarik wisata alam, belum memaksimalkan potensi alam yang ada disekitarnya, dan belum meningkatkan kualitas produk wisata alam yang sudah ada menjadi lebih berkelanjutan, sehingga menjadikan kawasan ini daerah tujuan wisata alam yang tidak begitu dilirik dikalangan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Bandung Selatan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis meneliti setiap permasalahan yang ada, dan kemudian menyusun dan merancangkan strategi pengembangan daya tarik wisata yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (Mix Methods), dengan menggambungkan konsep analisis 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Ancillary) (Kemenpar, 2017) dengan indikator pariwisata berkelanjutan (UNWTO, 2011), yang selanjutnya disempurnakan dengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi pengembangan wisata alam yang berkelanjutan. Dari hasil studi yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa Situ Cileunca memiliki potensi wisata alam dengan atraksi wisata air dan olahraga. Berdasarkan analisis produk wisata, Situ Cileunca secara umum memiliki produk wisata yang baik, namun secara prinsip pariwisata berkelanjutan masih cukup berkembang, dan untuk usulan strategi prioritas berdasarkan analisis SWOT, Situ Cileunca memiliki hasil diagram cartesiu yang berada diposisi rapid growth strategy, atau pendekatan strategi yang harus segera dilakukan (Urgent), maka dari hasil tersebut terpilihlah strategi S-O (Strengths - Opportunities) yang mengkombinasikan kekuatan dan peluang dengan rekomendasi strategi berupa pengembangan wisata air dan olahraga, membangun jaringan dengan wisata lain, bekerjasama dengan agen perjalanan, dan membuat website khusus.