Browsing by Author "HESTI DINA ARHUSTIA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19(2022-01-11) HESTI DINA ARHUSTIA; Cecep Eli Kosasih; Atlastieka PraptiwiMotivasi belajar menjadi hal yang berpengaruh besar dalam pembelajaran. Saat motivasi belajar mahasiswa tinggi, proses pembelajaran bisa dilalui dengan baik. Saat ini terdapat perubahan sistem pembelajaran akibat kondisi Covid-19 yang menyebabkan mahasiswa harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa PSDKU Pangandaran Universitas Padjadjaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari prodi Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Keperawatan, Perikanan dan Peternakan (n=240) yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data dikumpulkan secara daring melalui google form menggunakan kuesioner Academic Motivation Scales (AMS). Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif univariat dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 52,9% mahasiswa memiliki motivasi belajar yang sedang, adapun item pada komponen motivasi intrinsik menjadi komponen yang berkontribusi besar terhadap motivasi belajar dengan nilai rata-rata 4,45 (SD=1,36) sedangkan motivasi ekstrinsik mendapatkan rata-rata 3,13 (SD=1,57) dan amotivasi mendapatkan rata-rata 4,31 (SD=1,53). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa PSDKU Unpad di Pangandaran mempunyai motivasi belajar yang sedang dan mulai bisa beradaptasi pada pembelajaran daring. Disarankan pada pihak PSDKU Unpad Pangandaran untuk menarik minat mahasiswa dengan perkembangan teknologi pembelajaran. Strategi yang disarankan adalah berbasis HOTS, SAVI dan menyediakan strategi media visual seperti Gather Town. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi mengenai perkembangan motivasi belajar dalam pembelajaran daring pada lingkup yang lebih luas.