Browsing by Author "HUSNUL KHOTIMAH"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) Mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Tahun II Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran(2013-07-27) HUSNUL KHOTIMAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenKemandirian belajar adalah bentuk spesifik pembelajaran yang dapat dibedakan dari pembelajaran yang teratur. Dalam hal ini, mahasiswa memiliki kontrol atas pembelajaran mereka sendiri dan mahasiswa dapat mengarahkan kognisi dan motivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu pembelajaran kompetensi mahasiswa bidan adalah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar, prestasi belajar asuhan kebidanan I (kehamilan), dan hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar asuhan kebidanan I (Kehamilan) mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Tahun II Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik. Jumlah populasi 79 orang. Jumlah sampel yang digunakan adalah 79 orang. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa Tahun II Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan prestasi belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) dilihat dari daftar nilai. Mahasiswa yang dijadikan sampel adalah mahasiswa yang masih terdaftar sebagai mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Tahun II Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Hasil dari penelitian ini adalah frekuensi kemandirian belajar terbanyak ada dalam kategori tinggi yaitu 81,02%, prestasi belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) terbanyak adalah B+ yaitu 40,51%, dan terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar asuhan kebidanan I (kehamilan). H0 ditolak (p<0,05) dan Ha diterima. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar asuhan kebidanan I (kehamilan). Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)Item Standar Performa Itik Rambon Jantan Periode Starter(2013-07-23) HUSNUL KHOTIMAH; Tuti Widjastuti; Dedi RahmatPenelitian mengenai “Standar Performa Itik Rambon Jantan Periode Starter” telah dilaksanakan di Balai Pengembangan Perbibitan Ternak Unggas (BPPTU), Jatiwangi, Majalengka dari bulan Maret sampai bulan Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurva pertumbuhan dan standar performa itik rambon jantan periode starter. Penelitian ini menggunakan 44 ekor itik rambon jantan periode starter. Variabel yang diamati ialah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurva pertumbuhan dan standar performa diperoleh berdasarkan persamaan Quadratic. Persamaan Quadratic yang didapatkan yaitu konsumsi ransum yaitu Y = -98,64 + 176,05 X – 6,71 X2 dengan rataan nilai simpangan 4,29%, pertambahan bobot badan yaitu Y = 20,61+ 35,22 X – 3,19 X2 dengan rataan nilai simpangan 12,31% dan nilai koefisien determinasi (R2) 66,5%, dan nilai koefisien determinasi (R2) 99.6%, dan konversi ransum yaitu Y = 0,75 + 0,93 X + 0,006 X2 dengan rataan nilai simpangan 11,16% dan nilai koefisien determinasi (R2) 92%.