Browsing by Author "IMAS SITI PATIMAH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Mode Pendidikan Pesantren Modern Sebagai Pilihan Rasional Bagi Pendidikan Anak(2021-02-23) IMAS SITI PATIMAH; Hadiyanto Abdul Rachim; Muhamad Fadhil NurdinABSTRAK Penelitian berjudul MODEL PENDIDIKAN PESANTREN MODERN SEBAGAI PILIHAN RASIONAL KELUARGA BAGI PENDIDIKAN ANAK bertujuan untuk mengetahui bagaimana keluarga memilih pesantren modern sebagai pilihan rasional bagi pendidikan anak. Penelitian ini dikaji menggunakan teori pilihan rasional Coleman untuk menganalisis langkah-langkah keluarga memilih Pesantren Baitul Hidayah sebagai pilihan rasional bagi pendidikan anak. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah keluarga memilih Pesantren Baitul Hidayah. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam dan observasi non partisipatif serta menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian. Teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan serta untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keluarga memlih Pesantren Baitul Hidayah dengan langkah-langkah : mencari informasi; melakukan komunikasi dengan anak; memutuskan pilihan dan melakukan persiapan masuk pesantren; 2) harapan keluarga terhadap Pesantren Baitul Hidayah bagi pendidikan anak adalah mendapatkan pelayanan yang baik dari pesantren, memperoleh kualitas lulusan yang baik, memperoleh kebanggaan keluarga, mendapatkan biaya yang murah dan lokasi yang terdekat; 3) keluarga memperoleh kelebihan/ keuntungan bagi pendidikan anak yaitu perubahan sikap yang lebih baik, mempunyai keterampilan hidup, mampu berkomunikasi dalam dua bahasa asing (Arab dan Inggris) dan dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Simpulannya keluarga memilih Pesantren Baitul Hidayah didasarkan pada pilihan rasional dengan pertimbangan rasional yang didukung oleh sumber daya keluarga berupa sumber daya manusia, materi dan waktu dan berdasarkan nilai-nilai yang dianut oleh keluarga yang menjadi keputusan keluarga serta memperoleh konsekuensi positif yang merupakan keuntungan bagi pendidikan anak.