Browsing by Author "METRI ARINDI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item AKTIVITAS KNOWLEDGE SHARING DI HALO KIDS INDONESIA: Studi Kasus Mengenai Aktivitas Bebagi Pengetahuan Antar Anak, Orang Tua, dan Pelatih di Halo Kids Indonesia(2023-10-11) METRI ARINDI; Fitri Perdana; Tine Silvana RachmawatiAktivitas Halo Kids Indonesia didasari atas pengamatan terhadap aktivitas anak yang kurang serta kurangnya pengetahuan dan ketersediaan waktu untuk orang tua melakukan aktivitas bersama anak. Sehingga membuat orang tua mengalami kebingungan terhadap tindakan yang harus dilakukan terhadap anak dengan usia dini dalam masa pertumbuhannya. Penelitian ini membahas Aktivitas Knowledge Sharing di Halo Kids Indonesia ini dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami knowledge sharing mengenai literasi jasmani anak usia dini di Halo Kids Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara serta studi literatur. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan reduksi data, penyajian data serta melakukan penarikan kesimpulan. Subjek atau informan dalam penelitian ini yaitu pendiri, pelatih, dan orang tua anggota Halo Kids Indonesia berjumlah lima orang. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses knowledge sharing pada Halo Kids Indonesia meliputi empat tahap konversi pengetahuan serta menunjukan peran dalam meningkatkan literasi jasmani (physical literacy). Seluruh tahapan itu melibatkan anggota yang terdiri dari anak dan ornag tua, dan pelatih, serta pengikut baik melalui komunikasi secara langsung seperti sharing parenting dan program motorik tematik ataupun komunikasi tidak langsung seperti menggunakan media sosial. Kendala yang dihadapi adalah masalah penggunaan SDM, masalah partisipasi dan keaktifan anak serta orang tua, serta masalah kehadiran peserta program. Aktivitas knowledge sharing di Halo Kids Indonesia menjadi wadah pelatihan motorik anak usia dini, dengan meningkatnya literasi fisik anak usia dini, hal ini mampu meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan anak usia dini.