Browsing by Author "MUHAMMAD TAUFIQ ARDHI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PEMAKNAAN MOTO TEAM5 BROTHERHOOD IDONESIA(2013-09-16) MUHAMMAD TAUFIQ ARDHI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenMuhammad Taufiq Ardhi, 210111100074, 2010, Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian: “Pemaknaan Moto TEAM5 Brotherhood Indonesia”. Sebagai pembimbing utama Dr. Yanti Setianti, S. Sos., M.Si.., dan sebagai pembimbing pendamping Yustikasari, S.Sos., M.Si di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemaknaan Brotherhood, Togetherness, Soul and Sense of Soccer oleh anggota komunitas TEAM5 Brotherhood Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara secara mendalam ,observasi dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa makna moto komunitas yang terdiri dari Brotherhood, Togetherness, Soul and Sense of Soccer diartikan sebagai persaudaraan, kebersamaan dan kegiatan bermain futsal, pemaknaan berbeda-beda dari anggota komunitas dikarenakan faktor pengalaman anggota itu sendiri selama tergabung dalam komunitas tersebut. Namun, moto Brotherhood, Togetherness, Soul and Sense of Soccer disadari oleh anggota merupakan nilai-nilai penting yang akan menjadikan moto tersebut menjadi budaya komunitas agar tercapai tujuan dari komunitas tersebut. Sedangkan motif bergabung dalam komunitas karena faktor kesamaan hobi. Simpulan dari penelitian ini adalah Makna moto Brotherhood, togetherness, Soul and Sense of Soccer dapat diartikan sebagai persaudaraan, kebersamaan dan kegiatan bermain futsal. Dimana terdapat karakteristik sehingga dapat dikatakan moto tersebut merupakan nilai-nilai budaya dalam komunitas tersebut. Saran untuk komunitas TEAM5 Brotherhood Indonesia sendiri agar melakukan kaderisasi secara formal, melakukan seleksi penerimaan anggota dan bekerja sama dalam bentuk kerjasama jersey dengan pihak Nike, karena komunitas ini erat kaitannya dengan merk Nike.